Berita Pendidikan

Tingkatkan Budaya Literasi Anak Desa, Alumni IAIN Madura ini Dirikan Rumah Baca di Pelosok Pamekasan

Tingkatkan Budaya Literasi Anak Desa, Pemuda Lulusan IAIN Madura ini Pilih Dirikan Rumah Komunitas Membaca ( RKM ) di Wilayah Pelosok Pamekasan

Tingkatkan Budaya Literasi Anak Desa, Alumni IAIN Madura ini Dirikan Rumah Baca di Pelosok Pamekasan
TRIBUNMADURA/KUSWANTO FERDIAN
Anak-anak saat membaca buku di Rumah Komunitas Membaca ( RKM ) di Desa Bujur Timur, Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan, Madura, Selasa (3/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Rumah Komunitas Membaca ( RKM ) di Desa Bujur Timur, Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan siap tingkatkan budaya literasi anak muda di desa setempat.

Ketua RKM, Akhmad Syafii (23) mengatakan, hadirnya komunitas ini untuk mengajak pemuda terutama anak muda yang masih usia dini untuk bersama-sama membantu membangun desa lewat budaya literasi.

"Maka dengan adanya Rumah Komunitas Membaca ini saya berharap dapat mendorong anak berkumpul dan belajar bersama.

Sehingga dapat meningkatkan ilmu pengetahuan lewat budaya literasi," kata Syafii kepada TribunMadura.com, Selasa (3/12/2019).

Pria lulusan kampus IAIN Madura itu mengaku, banyak mengalami kendala untuk menumbuhkembangkan keberlangsungan komunitas literasi yang ia bentuk, di antaranya minimnya koleksi buku bacaan.

"Maka saya harap kepada semua pemerintah terkait untuk ikut membantu pengadaan fasilitas buku.

Agar generasi anak muda, khususnya yang ada di pelosok desa dapat semangat dalam memilih buku bacaan," harap Akhmad Syafii.

Lebih lanjut Syafii mengutarakan, adanya komunitas literasi yang pihaknya gagas perlu dorongan pemerintah terkait agar komunitas tersebut dapat berinovasi.

Serta dapat meningkatkan minat baca anak muda sejak dini, sehingga di tahun selanjutnya ia berharap generasi muda tidak ada yang buta huruf.

"Jadi semua generasi muda dapat menjadi pemuda yang hebat dan dapat menyokong kemajuan desa agar menjadi desa yang maju," tegas Akhmad Syafii.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved