Kasus Ilegal Logging Nelayan Sumenep

KRONOLOGI LENGKAP Penangkapan Nelayan Sumenep Pelaku Ilegal Logging di Pulau Kangean Madura

Begini Kronologi Lengkap Penangkapan Nelayan Sumenep Pelaku Ilegal Logging di Pulau Kangean Madura

KRONOLOGI LENGKAP Penangkapan Nelayan Sumenep Pelaku Ilegal Logging di Pulau Kangean Madura
TribunMadura/Dok. Humas Polres Sumenep
Saiful, nelayan Sumenep diduga pelaku ilegal logging di Pulau Kangean Madura saat diperiksa oleh polisi, Jumat (6/12/2019). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti Sutioningtyas membeberkan kronologi penangkapan seorang nelayan Sumenep bernama Saipul, yang diduga kuat sebagai pelaku ilegal logging di pulau Kangean, Madura.

Sebelum ditangkap dan diungkap oleh Polres Sumenep, Madura, anggota dari Perhutani BKPH Kangean Timur yang telah melakukan pengamanan kepada pada nelayan Sumenep bernama Saipul di Perairan Kecamatan Kangayan.

Menurutnya, saat itu, petugas Perhutani BKPH Kangean Timur pada Rabu malam, tanggal 04 Desember 2019 sekitar pukul 20.00 WIB.

Saat itu, petugas yang melakukan patroli laut menemukan dan melihat pelaku menahkodai sebuah Perahu Motor dari kayu.

Kemudian saat perahu kayu tersebut didekati dan dilakukan pemeriksaan oleh Perhutani, ditemukan kayu- kayu berbentuk papan dan balok dengan ukuran bervariasi yang tidak dilengkapi dengan surat ijin resmi atau SKSHH.

"Karena tidak dilengkapi surat izin, maka diduga hasil ilegal logging," tegas Widiarti Sutioningtyas kepada TribunMadura.com, Jumat (6/12/2019).

BREAKING NEWS - Polisi Tangkap Nelayan Sumenep Diduga Pelaku Ilegal Logging di Pulau Kangean Madura

Selanjutnya, Petugas Perhutani langsung mengamankan Saipul si pelaku dan barang bukti kayu serta perahu motor dari kayu ke Kantor Perhutani BKPH Kangean Timur.

Kemudian pada hari ini Kamis 05 Desember 2019 Tersangka dan barang buktinya diserahkan oleh Petugas Perhutani kepada Polsek Kangayan guna dilakukan proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

"Saat ini proses pengusutan lebih lanjut kita lakukan," tandas Mantan Kapolsek Kota Sumenep ini.

Sebelumnya, satu orang nelayan telah diamankan anggota kepolisian Polres Sumenep, Madura ini pada hari Kamis kemarin (5/12/ 2019).

Nelayan Sumenep ini ditangkap diduga kuat sebagai pelaku tindak pidana illegal logging dengan barang bukti kayu hutan jenis kenari dan sebuah Perahu Motor dari Kayu di wilayah pulau Kangean, Sumenep, Madura.

Tersangka ini bernama Saipul (38), warga Dusun Bondat Desa/Kecamatan Kangayan, Kabupaten Sumenep.

Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti Sutioningtyas membenarkan jika nelayan bernama Saipul ini tertangkap basah di tempat kejadian perairan laut Kecamatan Kangayan atau paling ujung timur pulau Kangean.

"Pelakunya seorang nelayan bernama Saipul, tersangka ini sudah ditangkap dan dilaporkan oleh Nur Mudakkir (40) pegawai Perum Perhutani di Desa/Kecamatan Arjasa," kata Widiarti Sutioningtyas, Jumat (6/12/2019).

Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved