Berita Surabaya

Spesialis Pembobol Toko Bangunan di Surabaya Ternyata Pria asal Lidah Wetan ini

spesialis pembobol toko bangunan di Surabaya yang meresahkan ternyata pria asal Lidah Wetan ini

Spesialis Pembobol Toko Bangunan di Surabaya Ternyata Pria asal Lidah Wetan ini
TRIBUNMADURA/FIRMAN RACHMANUDIN
Setia Budi ketika dicocok polisi. Dia merupakan spesialis pembobol toko bangunan di Surabaya yang meresahkan dan ternyata berasal dari Lidah Wetan. 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Residivis kasus pencurian kembali kambuh setelah empat bulan keluar dari balik jeruji besi tahanan karena kasus yang sama.

Maling kambuhan itu kembali dicokok unit reskrim Polsek Lakarsantri usai melakukan pencurian di sebuah toko bangunan Miyra Jalan Raya Lida Wetan, Selasa (31/12/2019) malam.

Tersangka bernama Setia Budi (44) warga Kelurahan Lidah Wetan Surabaya itu beraksi ketika toko bangunan telah tutup dan akan libur tahun baru.

"Sebelumnya tersangka sudah survei dulu. Melihat momentum liburan, baru dia beraksi," beber Kanit Reskrim Polsek Lakarsantri,Iptu Suwono, Jumat (3/1/2020).

Dalam aksinya, tersangka memanjat dinding samping toko dan masuk melalui atap dengan menjebolnya.

Usai berhasil menjebol atap dan plavon, terdangka kemudian menguras isi laci toko yang menyimpan uang Rp 800.000 serta sebuah handpone nokia N70 milik toko.

Penangkapan tersangka,dilakukan polisi setelah mendapat laporan korban. Berdasarkan rekaman CCTV, polisi kemudian berhasil mengidentifikasi pelaku dan menangkapnya,Kamis (2/1/2020).

Saat diinterogasi, Setia Budi mengaku sudah tiga kali ini beraksi sejak keluar penjara.

Aksi pertama dilakukan di toko keramik jalan Lidah Wetan dan berhasil menggasak sebuah Laptop, Hardisk, uang tunai Rp 1.000.000, bor listrik dan bolpoint.

Kedua aksi itu dilakukan di toko mebel Jalan Lidah Wetan IV dengan hasil handpone Samsung J2, dua bor listrik, dua gerinda dan dua gergaji.

"Saya tidak bekerja. Ya terpaksa mencuri itu. Handpone sebagian saya jual ke orang. Lumayan laku 300. Kalau bor dan lain-lain juga saya jual," akunya.

Kini,Setia Budi kembali untuk kedua kali merasakan dinginnya lantai tahanan Polsek Lakarsantri Surabaya.

Ia dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

Penulis: Firman Rachmanudin
Editor: Mujib Anwar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved