Breaking News:

PNS Jangan Coba-Coba KDRT, Istri Bisa Menuntut Setengah Gaji Suami Jika Istri Jadi Korban KDRT

Menanggapi hal itu saat ini para istri yang diceraikan sang suami berstatus sebagai PNS dan mengalami KDRT oleh regulasi diperbolehkan menuntut gaji

marriage.com
PNS Jangan Coba-Coba KDRT, Istri Bisa Menuntut Setengah Gaji Suami Jika Istri Jadi Korban KDRT 

TRIBUNMADURA.COM - Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) semakin hari semakin banyak.

Tentu saja, kasus ini tak hanya menimpa masyarakat biasa, namun kalangan PNS juga sering terlibat dalam kasus ini.

Ternyata, ada regulasi yang mengatur tentang korban KDRT.

Bahkan sang istri yang menjadi korban suami PNS, bisa menuntut separuh gaji.

Menanggapi hal itu saat ini para istri yang diceraikan sang suami berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil ( PNS) dan mengalami kekerasan dalam rumah tangga ( KDRT), oleh regulasi diperbolehkan menuntut setengah dari gaji suaminya.

Aturan tuntutan hak setengah gaji suami berstatus PNS itu diatur dalam PP No. 10 Tahun 1983 tentang Izin Perkawinan dan Perceraian Bagi Pegawai Negeri Sipil.

Regulasi ini kemudian mengalami perbaruan setelah keluarnya PP No. 45 Tahun 1990.

Dalam pasal 8 ayat (1) PP 10/1983 menyatakan "apabila perceraian terjadi atas kehendak Pegawai Negeri Sipil pria maka ia wajib menyerahkan sebagian gajinya untuk penghidupan bekas isteri dan anak-anaknya”.

Lebih lanjut, pasal tersebut mengatur prosedur cerai suami istri PNS.

ejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat berselfie ditengah kerumunan pegawai saat acara halal bihalal dengan sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Gedung Balaikota, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2019). Acara tersebut diikuti oleh ratusan pegaiwai balaikota Jakarta
ejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat berselfie ditengah kerumunan pegawai saat acara halal bihalal dengan sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Gedung Balaikota, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2019). Acara tersebut diikuti oleh ratusan pegaiwai balaikota Jakarta (Tribunnews/Jeprima)

Dalam pasal 8 ayat 5 berbunyi, “apabila perceraian terjadi atas kehendak isteri, maka ia tidak berhak atas bagian penghasilan dari bekas suaminya”.

Halaman
123
Editor: Aqwamit Torik
Sumber: Tribun Ternate
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved