Berita Pamekasan

Sambut Hari Pers Nasional, Wakapolres Pamekasan Ajak Insan Media Perangi Berita Hoax

Kata dia, berita yang tersebar ada yang obyektif, aktual, kritik, mendidik, tapi banyak juga berita bohong atau hoax.

Sambut Hari Pers Nasional, Wakapolres Pamekasan Ajak Insan Media Perangi Berita Hoax
TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Waka Polres Pamekasan, Kompol Moh. Ansori Khadafi saat diwawancarai di Mapolres Pamekasan, Sabtu (8/2/2020). 

Sambut Hari Pers Nasional, Wakapolres Pamekasan Ajak Insan Media Perangi Berita Hoax

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, Waka Polres Pamekasan, Kompol Moh. Ansori Khadafi megimbau kepada insan pers yang bertugas di Pamekasan untuk tidak membuat berita bohong atau hoax.

Moh. Ansori Khadafi mengatakan, setiap saat media sosial selalu kebanjiran berita.

Kata dia, berita yang tersebar ada yang obyektif, aktual, kritik, mendidik, tapi banyak juga berita bohong atau hoax.

Menurut Moh. Ansori Khadafi, adanya berita bohong tersebut kerap kali mengganggu akal sehat dan kerap kali menimbulkan gesekan di masyarakat.

"Ada pula berita yang membuat kegaduhan, penuh dengan caci maki, penuh dengan fitnah, memecah belah masyarakat, dan bahkan bisa mengancam persatuan bangsa," katanya kepada TribunMadura.com saat ditemui di Mapolres Pamekasan, Sabtu (8/2/2020).

"Tetapi saya mempunyai keyakinan, bahwa ini nantinya justru akan semakin mendewasakan kita dan akan menjadikan kita tahan uji," sambung dia.

Selain itu, Moh. Ansori Khadafi mengajak seluruh insan pers di Pamekasan agar sama-sama memerangi berita bohong, hoax dan stop berita yang dapat memecah belah bangsa.

"Berita-berita fitnah harus kita hadapi," ajaknya.

Moh. Ansori Khadafi juga mengingatkan, media arus utama dan media mainstream tidak boleh luntur dalam menjunjung tinggi etika jurnalistik, yang menuntut faktualitas, yang menuntut obyektivitas, yang menuntut faktualitas, yang menuntut obyektivitas, yang menuntut disipilin dalam melakukan verifikasi.

"Kita sekarang ini bisa melihat kalau ada trending topik di media sosial justru itu yang dipakai untuk berita tanpa verifikasi apakah berita itu betul-betul benar atau tidak benar," ungkapnya. 

Lebih lanjut Moh. Ansori Khadafi berharap, dengan adanya momentum Hari Pers Nasional 2020 ini, semoga pers nasional semakin profesional dan berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. 

"Selamat Hari Pers Nasional 2020, semoga kemitraan antara Polri dan Wartawan kedepannya semakin erat dan solid," doanya.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved