Berita Sampang

Anggaran Program Pendidikan Tistas Sudah Cair di Sampang, Disdik Sampang Bentuk Tim Awasi Penggunaan

Cainya BPOPP di setiap SMA/SMK pada 2019 terbagi di dua tahap yakni, tahap pertama cair di triwulan pertama diantaranya Juli, Agustus, dan September.

Anggaran Program Pendidikan Tistas Sudah Cair di Sampang, Disdik Sampang Bentuk Tim Awasi Penggunaan
Tribunnews.com
Ilustrasi 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Hanggara Pratama

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Anggaran Penunjang Operasional Penyelenggararaan Pendidikan (BPOPP) atau yang dikenal dengan Program Gratis Berkualitas (Tistas) pada 2019 di Kabupaten Sampang sudah cair.

Cainya BPOPP di setiap SMA/SMK pada 2019 terbagi di dua tahap yakni, tahap pertama cair di triwulan pertama  diantaranya Juli, Agustus, dan September.

Sedangkan tahap pencairan ke dua yakni, triwulan kedua dari bulan Oktober, November, dan Desember.

"BPOPP mulai cair pada Bulan Juli 2019 dan untuk 2020 ada empat tahap, mulai cair dari bulan Januari 2020," kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sampang, Asyari, Rabu (12/2/2020).

Ia mengatakan, dalam penggunaan dana BPOPP di setiap lembaga SMA/SMK di Sampang, dipastikannya digunakan dengan maksimal untuk meningkatkan potensi siswa dalam pendidikannya.

Sebab, lembaga SMA/SMK di Sampang tidak bisa menggunakan BOPP jika tidak menggunakan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

"Sedangkan, semua kegiatan yang mau dilaksanakan di sekolah selama satu tahun harus berdasarkan RKAS yang di setujui," ucap Asyari.

Lebih lanjut, untuk pengawasan penggunaan BPOPP, setiap SMA/SMK per bulannya membentuk SPJ dan harus di verifikasi oleh Cabang Dinas Pendidikan Sampang.

Terlebih, Cabang Dinas Pendidikan Sampang saat ini memiliki tim verifikator sebanyak empat orang.

"Tim verifikator yang sudah dibentuk tugasnya khusus memverifikasi kerja-kerja sekolah dalam merealisasikan programnya yang anggarannya menggunakan BOPP," pungkasnya.

 

Penulis: Hanggara Pratama
Editor: Adi Sasono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved