Breaking News:

Waspadai 'Ferdinand' di Wilayah Jatim & Madura, Bawa Hujan Lebat & Petir Hingga Awal Maret Ini

Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda mengimbau masyarakat di Kota Malang dan Jawa Timur termasuk Madura, mewaspadai cuaca ekstrem.

Kulkann
Ilustrasi Hujan 

Waspadai 'Ferdinand' di Wilayah Jatim & Madura, Bawa Hujan Lebat & Petir Hingga Awal Maret Ini

TRIBUNMADURA.COM, MALANG - Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda mengimbau masyarakat di Kota Malang dan Jawa Timur termasuk Madura, mewaspadai cuaca ekstrem yang diprediksi terjadi hingga awal Maret 2020.

Imbauan ini mengacu kepada hasil analisis dinamika atmosfer terkini yang menunjukkan pola tekanan rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) masih cukup aktif dan berpengaruh pada pembentukan cuaca ekstrem di wilayah Indonesia.

“Selain itu BMKG juga mendeteksi ada badai Ferdinand di Samudera Hindia atau selatan NTB,” ujar prakirawan BMKG Juanda, Rendy Irawadi, Kamis (27/2/2020).

Jalanan Licin, Mobil Daihatsu Ayla Selip Ban dan Keluar Jalur Tol Malang-Pandaan, 1 Penumpang Tewas

Kepasrahan Sugeng si Pemutilasi Santoso Saat Hakim PN Malang Vonis Bui 20 Tahun, Bilang Menerima

Demi Bisa Bawa Kabur Motor & Ponsel, Wanita Muda asal Malang Ini Rela Ditiduri Korban di Rumahnya

Dia menambahkan sirkulasi angin di wilayah Samudera Hindia Barat Daya atau tepatnya di Banten, menyebabkan pembentukan pola pertemuan massa udara yang memanjang di Jawa Timur.

“Belokan angin juga terpantau terbentuk di sekitar wilayah Bangka Belitung, Kalimantan dan Sulawesi,” katanya.

Atas kondisi itu, BMKG Juanda memprediksi bahwa dalam sepekan ke depan akan terjadi hujan lebat secara kontinyu. Hujan itu berpotensi disertai petir/kilat di wilayah Jawa Timur mulai dari 25 Februari hingga 2 Maret 2020.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” tutupnya.

Penulis : Aminatus Sofya

Editor : Sudarma Adi

Penulis: Aminatus Sofya
Editor: Sudarma Adi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved