Breaking News:

Virus Corona di Indonesia

Viral Video Pembuatan Hand Sanitizer dengan Campuran Alkohol Berkonsentrasi 95 Persen dan 96 Persen

Viral sebuah video yang menunjukkan pembuatan hand sanitizer menggunakan gel lidah buaya dengan campuran alkohol berkonsentrasi 95 persen & 96 persen.

Twitter
Tangkapan layar dari video yang viral saat alkohol 95 persen dicampurkan dengan gel lidah buaya. 

Viral Video Pembuatan Hand Sanitizer dengan Campuran Alkohol Berkonsentrasi 95 Persen dan 96 Persen

TRIBUNMADURA.COM - Viral sebuah video yang menunjukkan pembuatan hand sanitizer menggunakan gel lidah buaya dengan campuran alkohol berkonsentrasi 95 persen dan 96 persen di media sosial Twitter pada, Senin (23/3/2020).

Video tersebut memperlihatkan bahan-bahan yang diperlukan saat membuat hand sanitizer sendiri yakni, alkohol harus lebih banyak dari gel lidah buaya.

Dilansir dari Kompas.com, video tersebut merupakan sebuah rekamn dari akun TikTok Dinda Safay, @dindasafay dan diunggah di Twitter oleh akun @rdvlvtcakes.

Hingga kini, unggahan tersebut telah di-retwit sebanyak lebih dari 15.000 kali dan telah disukai sebanyak lebih dari 33.500 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Kisah Memilukan Dokter RSUD dr Soetomo Positif Corona: Tertular Pasien yang Bersin Tanpa Masker

Bagaimana Hand Sanitizer, Sabun dan Air Hangat Mampu Melawan Covid-19? Begini Penjelasan Ahli Virus

Virus Corona Belum Selesai, Dispendukcapil Sampang Batasi Pelayanan 50 Pemohon Sehari

Penjelasan LIPI

Menanggapi adanya video viral itu, Peneliti Kimia dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr. Joddy Arya Laksmono menjelaskan, tidak disarankan untuk membuat hand sanitizer menggunakan alkohol dengan konsentrasi di atas 70 persen.

Menurutnya, hal tersebut dapat menyebabkan iritasi bagi kulit.

"Untuk alkohol yang digunakan sesuai standar Badan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah yang memiliki konsentrasi minimal 70 persen dan ditambahkan ke dalam campuran hand sanitizer juga dengan komposisi 70 persen," ujar Joddy saat dihubungi pada Rabu (25/3/2020).

"Penggunaan alkohol dengan konsentrasi lebih dari 70 persen tidak disarankan, karena ada kemungkinan akan menimbulkan iritasi pada kulit," lanjut dia.

Halaman
123
Editor: Elma Gloria Stevani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved