Breaking News:

Virus Corona di Pamekasan

Tim Penanggulangan Covid-19 RSUD Pamekasan Miliki 400 APD Baju Hazmat, Cukup Dipakai 3 Bulan

Tim Penanggulangan Covid-19 RSUD Dr H Slamet Martodirdjo Pamekasan, Madura memiliki 400 Alat Pelindung Diri (APD) baju hazmat.

TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Ketua Penanggulangan Covid-19 RSUD dr. H. Slamet Martodirdjo Pamekasan, dr. Syaiful Hidayat (kiri) saat memakai APD beserta perawat Penanggulangan Covid-19. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Tim Penanggulangan Covid-19 RSUD Dr H Slamet Martodirdjo Pamekasan, Madura memiliki 400 Alat Pelindung Diri (APD) baju hazmat.

Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak itu diperkirakan hanya cukup digunakan oleh tenaga medis kisaran 2-3 bulan saat dipakai merawat pasien positif virus corona yang dirawat di ruang isolasi RSUD Dr H Slamet Martodirdjo.

Ketua Penanggulangan Covid-19 RSUD Dr H Slamet Martodirdjo Pamekasan, dr. Syaiful Hidayat mengatakan, saat ini para medis penanggulangan Covid-19 Pamekasan hanya memiliki 400 Alat Pelindung Diri (APD) saja.

1 Pasien Positif Covid-19 Tanpa Gejala di Kota Malang Sebelumnya Lakukan Perjalanan ke Surabaya

Identitas Pembunuh Wanita di Apartemen Surabaya, Ia Berasal dari Sampang Madura dan Usianya 20 Tahun

Kepala Lapas Klas IIA Pamekasan Berikan Bantuan APD Baju Hazmat untuk Tenaga Medis Tangani Covid-19

Selain itu, Syaiful Hidayat menjelaskan, baju hazmat tersebut misal sudah dipakai menangani pasien yang terpapar virus corona langsung dibuang dan tidak boleh dipakai lagi.

Hal tersebut kata dia sebagai upaya dan antisipasi untuk mencegah penyebaran virus corona.

"Perhitungan kita satu pasien yang dirawat karena terpapar virus corona itu butuh baju azmat atau Alat Pelindung Diri (APD) tersebut dalam sehari minimal butuh 7 baju hazmat," ungkapnya.

"Itu tujuh baju Hazmat hanya untuk satu perawat. Kalau pasien yang positif corona itu setiap hari biasanya harus dijaga 5 perawat dan dalam sehari 3x shif ya tinggal dikalikan saja. Berarti dalam sehari itu butuh 15 baju Hazmat yang hanya sekali pakai," bebernya.

BREAKING NEWS: Terduga Pelaku Pembunuhan Wanita di Apartemen Surabaya Ditangkap

Jadwal Acara TV Kamis 23 April 2020: Live di SCTV Sidang Isbat 1 Ramadan 1441 H Pukul 19.15 WIB

Janda Madura Mengaku Dirudapaksa Oknum Perangkat Desa, Modus Pelakunya Menyelinap Masuk Kamar Korban

Lebih lanjut Syaiful berharap adanya bantuan Alat Pelindung Diri (APD) yang terus diberikan ke Tim Penanggulangan Covid-19 RSUD Dr H Slamet Martodirdjo untuk menangani pasien Covid-19.

"Bila APD lebih kan enak. Buat jaga-jaga dan antisipasi saja. Ya semoga saja tidak terpakai," tutupnya.

Sekadar informasi, saat ini di ruang isolasi RSUD Pamekasan sedang merawat tiga pasien positif virus corona dan dua Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved