Breaking News:

Pelaksanaan PSBB Malang Raya

BREAKING NEWS - Surat Persetujuan Pelaksanaan PSBB Malang Raya dari Kemenkes Terbit

Menteri Kesehatan menyetujui penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk wilayah Malang Raya.

TRIBUNMADURA.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam konferensi pers di Gedung Negara Grahadi, Senin (11/5/2020) malam. 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Pemprov Jatim mendapat surat persetujuan penetapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk wilayah Malang Raya.

Surat persetujuan itu sampai pada Gubernur Jatim Khofifah berupa Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01.07/Menkes/305/2020 tentang Penetapan PSBB di wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 yang terbit pada 11 Mei 2020.

"Surat persetujuan penetapan PSBB untuk kawasan Malang Raya dalam bentuk Keputusan Menkes sudah kami terima tadi malam," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Selasa (12/5/2020) pagi.

PSBB Surabaya Tahap Kedua Dimulai Hari Ini, Social Distancing Masih Jadi Masalah Pengendara Roda 4

BREAKING NEWS - Truk Tangki Pertamina Tabrak Truk Fuso Bermuatan Pasir di Jrengik Sampang

Waktu Pelaksanaan PSBB Malang Raya Belum Dipastikan, Bupati Sanusi Ungkap Kemungkinan Jadwalnya

"Maka secara khusus kami berharap agar penerapan PSBB di Malang Raya bisa lebih efektif dalam memutus mata rantai penularan Covid-19, mengingat kita sudah memiliki pengalaman PSBB di Surabaya Raya," sambung dia. 

Dalam surat keputusan itu, disebutkan bahwa dengan penetapan yang telah diberikan maka Pemda Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu serta Provinsi Jatim wajib untuk melaksanakan PSBB secara konsisten sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Surat keputusan Menteri Kesehatan tersebut juga disebutkan bahwa PSBB Malang Raya dilaksanakan selama masa inkubasi dan dapat diperpanjang jika masih terdapat bukti penyebaran Covid-19.

Khofifah Indar Parawansa menuturkan, regulasi lain yang dibutuhkan untuk PSBB Malang Raya adalah Perbup dan Perwali di kawasan Malang Raya sebagai pedoman penerapan PSBB di Malang Raya.

Aturan tersebut akan menjadi landasan teknis bagaimana mekanisme PSBB dilakukan di Malang Raya.

Mobil Toyota Innova Mendadak Terbakar di Ring Road Kota Madiun, Begini Keadaan Pengemudinya

Pemuda Sumenep Sembunyikan Barang Tak Terduga di Mulutnya, Takut Ketahuan saat Didatangi Polisi

"Kalau untuk Pergub, pedomannya sama dengan yang dijadikan acuan saat penerapan PSBB di Surabaya Raya yaitu Pergub Nomor 21 Tahun 2020," ujar Khofifah Indar Parawansa

"Nah untuk Perbup Kabupaten Malang dan Perwali kota Malang serta Perwali Kota Batu kami sudah mendapatkan update bahwa draft aturan tersebut sedang disusun," sambung dia.

"Maka yang butuh dilakukan ke depan adalah mulai sosialisasi ke masyarakat sekiranya tiga hari sebelum PSBB benar-benar diterapkan," urai dia.

Penerapan PSBB Malang Raya dilakukan bertahap, mulai tahap sosialisasi, tahap imbauan dan teguran, dan tahap teguran dan penindakan.

Gubernur Khofifah memastikan bahwa seluruh pihak pelaksana akan tegas menjalankan aturan penerapan PSBB sehingga pemberlakukan PSBB Malang Raya bisa berjalan efektif dan signifikan.

Sambut PSBB Malang Raya, Dewanti Rumpoko Godok Perwali, Pastikan Protokol Kesehatan Diperketat

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved