Berita Pamekasan

Pamekasan Kini Punya Kampung Tangguh di Kanginan, Strategi untuk Tekan Penyebaran Virus Corona

Kabupaten Pamekasan Madura kini telah memiliki kampung tangguh sebagai posko untuk menangani pencegahan penyebaran wabah virus corona atau Covid-19.

TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari saat menggunting pita sebagai tanda simbolis diresmikannya kampung tangguh, Kamis (28/5/2020). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Kapolres Pamekasan, AKBP Djoko Lestari meresmikan kampung tangguh di Kelurahan Kanginan, Kabupaten Pamekasan, Madura, Kamis (28/5/2020).

Prosesi peresmian kampung tangguh juga dihadiri oleh Komandan Kodim 0826 Pamekasan, Letkol Inf M Effendi dan jajaran Forpimka, meliputi Camat Pamekasan, Danramil Pamekasan, Kapolsek Kota Pamekasan, dan Lurah Kanginan.

AKBP Djoko Lestari mengatakan, terbentuknya kampung tangguh ini merupakan inisiasi dari masyarakat setempat.

Mall di Kota Malang Bisa Kembali Beroperasi sebelum Masa New Normal, Begini Peraturannya

Polres Pamekasan Salurkan Bantuan 10 Ton Beras ke Warga Terdampak Covid-19 yang Belum Terima Bansos

Minimalisir Kerumunan Orang, Dispendukcapil Sampang Bakal Terapkan Layanan Online Lewat WhatsApp

Tujuan dibentuknya kampung tangguh tersebut, kata dia, sebagai posko untuk menangani pencegahan penyebaran wabah virus corona atau Covid-19.

AKBP Djoko Lestari juga menjelaskan, kampung tangguh ini memiliki beberapa fasilitas penunjang dalam rangka percepatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Diantaranya, tersedianya Posko Desa sebagai pusat pengendali kegiatan Desa Tangguh dan pengolahan data, baik warga setempat maupun warga pendatang yang akan masuk ke Desa.

Selain itu, terdapat pula ketersediaan sarana check point berupa pos jaga pada akses masuk desa yang akan dijaga oleh Linmas, TNI-Polri meliputi Babinsa dan Bhabinkamtibmas maupun unsur masyarakat lainnya.

Nantinya mereka, kata AKBP Djoko Lestari akan saling berkolaborasi dan bekerjasama untuk melakukan kontrol serta pemeriksaan awal dan melakukan pendataan terkait siapa saja yang akan masuk ke Desa dengan melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 meliputi pengecekan suhu tubuh.

Inilah Daftar Klaster Besar Penyebaran Covid-19 di Sidoarjo, Ada Jalan S Parman hingga Tempat Ibadah

Jumlah Pasien Virus Corona yang Dirawat di RSUD Dr Soetomo Surabaya Lebihi Kapasitas Tersedia

"Nantinya juga para personel yang bertugas di kampung tangguh akan mewajibkan masyarakat di desa setempat untuk selalu memakai masker dan mencuci tangan sebelum ke luar rumah," kata AKBP Djoko Lestari

Halaman
12
Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved