Berita Sampang

Jumlah Pendaftar Kartu Pra Kerja Sampang Madura Terendah Ketiga di 38 Daerah di Jawa Timur

Jumlah pendaftar Kartu Pra Kerja di Kabupaten Sampang berada di urutan ketiga paling rendah di antara 38 daerah lainnya di Jawa Timur.

TribunPontianak.com, Kartu Pra Kerja
Ilustrasi Kartu Pra Kerja untuk korban PHK 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Hanggara Pratama

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG -  Jumlah pendaftar Kartu Pra Kerja di Kabupaten Sampang, Madura berada di urutan ketiga paling rendah di antara 38 daerah atau kabupaten lainnya di Jawa Timur.

Menurut data di Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) Sampang, pendaftar kartu prakerja di Kota Bahari sebanyak 406 orang dengan rincian pendaftaran gelombang pertama ada 70 orang, kedua 191 orang, dan ketiga 145 pendaftar.

Sedangkan daerah paling minim  pendaftar Kartu Pra Kerja kedua yakni, Kabupaten Pasuruan dengan jumlah 376 pendaftar dari gelombang pertama hingga terakhir.

Warga Surabaya Jalani Swab dan Rapid Test di Taman Mundu Tambaksari, Targetkan Peserta 500 Orang

Rayuan Penjual Bakso Bikin Siswi Cantik Jatuh Cinta, Pasrah Disetubuhi Berkali-kali, Dipergoki Warga

Gubernur Khofifah Sebut Siswa Masuk Sekolah Mulai 2 Juni 2020, Pembelajaran Masih Dilakukan di Rumah

 

Kemudian untuk  daerah dengan pendaftar paling minim diduduki Kabupaten Probolinggo dengan jumlah 306 orang dari pendaftaran gelombang pertama hingga terakhir.

Kasi Pelatihan Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) Sampang Ludfi mengatakan bahwa program kartu prakerja direalisasikan untuk para pekerja yang di PHK dampak dari pandemi Covid-19.

Sedangkan dari ketiga Kabupaten tersebut, termasuk Sampang tidak ada korban PHK yang signifikan sehingga yang memanfaatkan program kartu prakerja minim.

"Kalau dilihat dari rekap Provinsi Jawa Timur, jumlah pendaftar kartu prakerja terbanyak berada di kabupaten Surabaya, Sidoarjo, Madiun, dan Malang yang memang kawasannya penuh dengan industri," ujarnya kepada TribunMadura.com, Senin (1/6/2020).

Sementara, ratusan pendaftar dari Sampang tercatat ada 13 orang lulus seleksi, kemudian bagi pendaftar yang sudah mengikuti pelatihan dan mendapatkan intensif ada tiga orang.

Katalog Promo Indomaret Terbaru 1 Juni - 15 Juni 2020, Hari Terakhir JSM dan Ada Beli 2 Gratis 1

4 Pasien Positif Covid-19 di Tulungagung Dinyatakan Sembuh, Tiga di Antaranya Dokter dan Paramedis

Riwayat Penularan Dua Ibu Menyusui di Tulungagung Positif Corona Covid-19 Masih Menjadi Teka-teki

"Sedangkan yang lainnya masih proses melakukan latihan secara online," terang Ludfi.

Ia menambahkan, selanjutnya akan kembali dibuka pendaftaran prakerja gelombang empat, namun, jadwal masih belum ada kepastian akan dilaksanakan tanggal berapa.

Sembari menunggu pendaftaran prakerja gelombang empat dimulai, para pendaftar boleh datang ke Kantor Diskumnaker Sampang untuk melakukan pendaftaran secara pendampingan.

"Nantinya pendaftaran hanya mengisis data, bila jadwal pendaftaran sudah dibuka tinggal klik Gabung," pungkasnya.

Penulis: Hanggara Pratama
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved