Breaking News:

Virus Corona di Jawa Timur

Ekonom Unair: Momen Tepat Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19, RUU Cipta Kerja Perlu Disahkan

Pengamat Ekonomi dari Unair Surabaya menilai, pemulihan ekonomi pasca pandemi virus Corona merupakan momentum tepat untuk mengesahkan RUU Cipta Kerja.

Penulis: Sofyan Candra Arif Sakti
Editor: Elma Gloria Stevani
TRIBUNMADURA.COM/LUHUR PAMBUDI
Wasiaturrahma, Ekonom Unair Surabaya 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Pengamat Ekonomi dari Universitas Airlangga ( Unair ) Surabaya, Wasiaturrahma menilai, pemulihan ekonomi pasca pandemi virus corona atau Covid-19 merupakan momentum yang tepat bagi pemerintah dan DPR untuk mengesahkan RUU Cipta Kerja.

Rahma, sapaan akrab Wasiaturrahma, melihat RUU Ciptaker akan mempermudah, mempercepat, dan menghilangkan kerumitan investasi yang perlu segera diterapkan agar para investor bisa kembali masuk ke Indonesia.

RSJ Menur Surabaya Rawat 86 Pasien, 7 di Antaranya Orang dengan Gangguan Jiwa Positif Covid-19

VIRAL Pria Curhat Tagihan Listrik 20 Juta, Tetap Harus Dibayar Meski PLN Sebut karena Kerusakan Alat

Ramalan Zodiak Cinta Kamis 11 Juni 2020, Leo Komunikasi Sempurna dengan Pasangan, Cancer Buka Hatimu

Apalagi menurutnya, saat ini, baik investor domestik ataupun asing masih dalam tahap menunggu dan mencari peluang kembali ketika pandemi Covid-19 berakhir nanti.

Hal ini perlu dimaksimalkan mengingat Indonesia punya momentum yang baik karena banyak investor-investor besar yang meninggalkan China dan India akibat dampak Covid-19 yang lebih tidak terkontrol di dua negara tersebut.

"Ini peluang agar investor-investor mengalihkan perhatiannya ke Indonesia dan berperan dalam pemulihan ekonomi. Ini juga didukung dengan momen penguatan nilai tukar rupiah saat ini," kata pengajar di Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB) Unair Surabaya ini, Rabu (10/6/2020).

Ramalan Zodiak Kamis 11 Juni 2020, Pisces Makin Pelit, Aquarius Semangatmu Bisa Menaklukkan Dunia

Risma Dorong Restoran dan Mal di Kota Surabaya Terapkan Protokol Kesehatan Ketat saat New Normal

Pilkada Sumenep 2020: Pembina PAN Sumenep, Minta DPP Cabut SK Dukungan ke Achmad Fauzi-Dewi Khalifah

Kemudahan investasi di sebuah negara, menurut Rahma, akan menjadi perhatian utama bagi para investor.

Hal tersebut, lanjut Rahma, bisa diakomodasi dalam RUU Cipta Kerja dan memperluas kesempatan kerja bagi banyaknya masyarakat yang terkena pemutusan hubungan kerja karena Covid-19.

"Ketika investasi masuk, bisnis akan tumbuh yang otomatis akan membutuhkan banyak tenaga kerja. Bila masyarakat mulai bekerja kembali, tingkat konsumsi akan terjaga dan mendorong pertumbuhan ekonomi," jelas Wasiaturrahma.

Outlook ekonomi Indonesia sebelum adanya Covid-19, menurut Rahma sangat menjanjikan.

Untuk itu, upaya pemerintah dalam menyelamatkan ekonomi dari dampak pandemi melalui stimulus ke berbagai sektor perlu ditingkatkan.

"RUU Cipta Kerja ini juga termasuk stimulus dalam bentuk regulasi. Kalau ini disahkan, saya kira pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tetap terjaga di angka 3 persen dan itu di atas rata-rata proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved