Viral Uang Rp 1000 Koin Gambar Kelapa Sawit Dibanderol Jutaan, Uang Kertas Rp 100 Pinisi Juga Diburu

Selain uang Rp 1000 koin bergambar kelapa sawit dibanderol jutaan, para kolektor juga memburu uang kertas Rp 100 perahu pinisi dengan harga fantastis

Editor: Mujib Anwar
IST
uang kertas Rp 100 bergambar perahu pinisi yang diburu kolektor 

TRIBUNJATIM.COM - Tak hanya uang koin Rp 1000 bergambar kelapa sawit yang diburu oleh para kolektor, karena menjadi barang langka yang memiliki nilai tinggi untuk dikoleksi.

Beberapa pecahan uang lainnya yang pernah dicetak oleh Bank Indonesia juga diburu oleh kolektor. Salah satunya, adalah uang kertas Rp 100 yang dikeluarkan pada tahun 1992.

Hampir sama dengan uang koin Rp 1000 bergambar kelapa sawit yang  dijual hingga puluhan juta di toko online dan baru-baru ini viral.

Sejumlah kolektor juga memburu uang kertas Rp 100 bergambar perahu pinisi atau kapal phinisi keluaran tahun 1992, dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Bagaimana fakta sebenarnya terkait uang kertas Rp 100 bergambar perahu pinisi keluaran tahun 1992, simak berita selengkapnya berikut:

Uang Rp 1000 Koin Gambar Kelapa Sawit Viral Dibandrol Hingga Jutaan Rupiah, Kolektor Angkat Bicara

Terkini, Daftar Harga iPhone Pertengahan Juni 2020, Mulai dari iPhone 7, iPhone 11 Hingga iPhone SE

Mitos yang Beredar di Masyarakat

Mengeluarkan isi dompet yang cukup dalam untuk memenuhi koleksi pribadinya memang kerap dilakukan oleh para kolektor sejati.

Karena hal itu pula yang akhirnya sering dimanfaatkan oleh oknum-oknum kejahatan untuk meraup keuntungan dengan jalan yang keliru. Berikut adalah mitos-mitos yang beredar di masyarakat seputar uang Rp 100 bergambar perahu pinisi tahun 1992:

Uang Kertas Paling Kontroversial

Berbicara mengenai pecahan uang 100 rupiah pada tahun 1992. Maka sebutan ‘uang perahu layar’ memang kerap digunakan oleh para numismatika untuk menyebut pecahan uang tersebut.

Dinamai begitu karena pada bagian muka uang tersebut memang tergambar sebuah kapal legendaris dari pulau Sulawesi, yaitu kapal Phinisi.

Uang kertas yang dipakai secara resmi sebagai alat tukar pada 28 Desember 1992 tersebut tertulis sebuah kata ‘Perahu Pinisi’ tepat di bawah gambar kapal.

Penggunaan uang pecahan 100 rupiah ini memang cukup lama. Sebelum akhirnya peredarannya ditarik pada tahun 2000 silam. Keberadaan uang ini memang sempat menjadi kontroversi di kalangan masyarakat.

Punya Uang Koin Rp 1000 Gambar Kelapa Sawit? Kini Viral dan Dibanderol Hingga Puluhan Juta Rupiah

Daftar Bacaan Doa Setelah Salat Lima Waktu, Bisa Diamalkan Setiap Hari dan Punya Banyak Keutamaan

Berbagai isu tentang uang pecahan 100 rupiah pada tahun 1992 ini terus bermunculan hingga membuat rasa penasaran masyarakat akan kebenarannya. Uang 100 rupiah tahun 1992 sendiri kemudian diklaim sebagai barang langka yang sangat susah dicari.

Halaman
1234
Sumber: Sriwijaya Post
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved