Breaking News:

Berita Sampang

Sambut Idul Adha, Dinas Pertanian Sampang Buka Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Sapi Gratis

Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah Dinas Pertanian Kabupaten Sampang, Madura akan membuka pelayanan pengecekan sapi kurban secara gratis.

TRIBUNMADURA.COM/HANGGARA PRATAMA
Sejumlah sapi di pasar hewan Desa Aeng Sareh, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Hanggara Pratama

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah Dinas Pertanian Kabupaten Sampang, Madura akan membuka pelayanan pengecekan sapi kurban secara gratis.

Hal itu dilakukan di dua tempat sekaligus tepatnya di pasar hewan Kecamatan Ketapang dan Kecamatan Sampang pada 9 Juli 2020.

Plt. Kepala Dinas Pertanian Sampang, Suyono mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk monitoring hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha di wilayah kerjanya.

Sebab, pihaknya tidak menginginkan masyarakat Sampang salah pilih dalam membeli sapi kurban.

Hukuman Denda Diberikan Pada Emak-Emak yang Viral Bermain TikTok di Suramadu, ini Pesannya

Update, Harga Oppo di Awal Juli 2020, Rekomendasi Apik Mulai Oppo A31, Oppo Reno Hingga Oppo A92

Daftar Harga Realme di Awal Juli 2020, Mulai dari Realme 2, Realme 5, Realme 6, Hingga Realme Narzo

Menurutnya, kriteria sapi sehat tidak hanya dapat dilihat dari ketidak catatannya melainkan, masih banyak ciri-ciri lain yang harus dicermati oleh masyarakat.

"Kebanyakan masyarakat tahu keriteria sapi yang sehat itu terletak pada bulunya gemerlap dan tidur, padahal kondisi hidung sapi yang tidak meler dan mata cerah itu juga berpengaruh besar pada kesehatan sapi," ujarnya kepada TribunMadura.com,  Sabtu (4/7/2020).

Ia menambahkan, dalam kegiatan itu pihaknya akan menurunkan minimal dua petugas di masing-masing pasar hewan, salah satunya merupakan dokter hewan.

"Jadi bagi masyarakat yang ingin mengecek kesehatan sapinya, langsung menghampiri petugas yang ada di lapangan tanpa membawa persyaratan dan proses pemeriksaan tanpa dipungut biaya," terang Suyono.

Lebih lanjut, dirinya berharap kepada pedagang sapi ataupun pembeli agar tetap mengikuti protokol di tengah pandemi covid-19.

"Begitupun dengan kegiatan kami akan tetap mengikuti protokol kesehatan untuk memutus penyebaran covid-19," pungkasnya.

Penulis: Hanggara Pratama
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved