Breaking News:

Berita Kota Batu

Tentang Gaji Ke-13, Wali Kota Batu Dewanti Minta ASN Tahu Kondisi Keuangan Negara di Tengah Pandemi

Dewanti Rumpoko mengatakan kalau Aparatur Sipil Negara ( ASN ) harus memahami kondisi keuangan negara yang tengah sulit di masa pandemi Corona.

Tribun Pontianak
Ilustrasi 

TRIBUNMADURA.COM, KOTA BATU – Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan kalau Aparatur Sipil Negara ( ASN ) harus memahami kondisi keuangan negara yang tengah sulit di masa pandemi virus corona,

Hal itu dikatakan Dewanti Rumpoko ketika ditanya terkait tentang gaji ke-13 untuk para ASN.

“Apakah masih bisa dan Insha Allah ASN sangat memahami itu. Gaji ke-13 itu kan istilahnya bonus, ketika negara sedang dalam kondisi memprihatinkan secara ekonomi, ya ASN lah utamanya yang harus prihatin,” ujar Dewanti.

Di Waktu Bersamaan, 3 Rumah di Perum Tanjungsari Regency Blitar Dibobol Pencuri, Modus Rusak Jendela

Ramalan Zodiak Senin 20 Juli 2020, Cancer Merasa Diberkati, Gemini akan Mengeluarkan Imajinasinya

BREAKING NEWS: Mayat Bayi Perempuan Ditemukan di Pintu Air Sungai Sukolilo, Leher Terikat Tali Rafia

Dewanti menjelaskan, Pemerintah Kota Batu menunggu kebijakkan dari Kementerian Keuangan. Ketika Kementerian Keuangan membolehkan dan ada acuan, maka Pemerintah Kota Batu akan menyesuaikan.

“Sekarang tergantung dari keuangan nasional. Alokasi gaji ke-13, saya tidak tahu besarannya,” tegas Dewanti.

Kota Batu melalui Badan Keuangan Daerah (BKD) belum mendapatkan petunjuk pelaksanaan dan teknis terkait gaji ke-13 untuk para (ASN). Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Batu, M Chori mengatakan hingga saat ini tidak ada pemberitahuan dari pemerintah pusat.

Diterangkan Chori, penyaluran gaji ke-13 untuk seluruh ASN bersumber dari APBD. Hanya saja untuk juklak dan juknisnya harus mengikuti aturan dari pemerintah pusat yang hingga kini belum terbit.

"Kami masih menunggu petunjuk dari pemerintah pusat untuk eksekusi pencairannya. Untuk menentukan besarannya pula," kata M Chori.

M Chori menjelaskan, aturan dari pemerintah pusat untuk menghitung besaran gaji ke-13 yang akan diterima ASN. Dalam peraturan tersebut, biasanya diterangkan indikator sejumlah komponen, antara lain gaji pokok, tunjangan kinerja dan tunjangan melekat.

"Tunjangan melekat pada abdi negara antara lain tunjangan suami/istri, tunjangan anak, tunjangan beras, tunjangan jabatan, tunjangan makan, dan tunjangan lain," imbuh dia.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved