Berbagi di Tengah Pandemi, KOMPAK Surabaya Kurban 3 Sapi dan 2 Kambing Saat Idul Adha 2020

Semua hewan kurban yang sudah disembelih dan dibagikan oleh KOMPAK, ternyata bukan dari sumbangan dari pihak maupun instansi manapun.

istimewa
Suasana KOMPAK saat proses setelah penyembelihan hewan kurban 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Idul Adha 2020 dirayakan oleh Komunitas Media Pengadilan Dan Kejaksaan (KOMPAK) Surabaya dengan berkurban 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing, Sabtu (1/8/2020).

Semua hewan kurban yang sudah disembelih dan dibagikan oleh KOMPAK itu, ternyata bukan dari sumbangan dari pihak maupun instansi manapun.

Namun, hewan kurban itu murni donatur dari anggota KOMPAK.

Sesuai aturan syariat Islam, 1 sapi hewan kurban untuk 7 orang donatur kurban.

"Alhamdulillah tahun ini kami bisa berkurban 3 ekor sapi dan 2 ekor kambing dari donatur kurban anggota KOMPAK," kata Ketua Umum KOMPAK, Budi Mulyono.

2 ekor kambing kata dia bukan hewan kurban, melainkan berasal dari sodaqoh patungan anggota KOMPAK, yang dagingnya nanti juga akan dibagikan.

"Meski bukan murni kurban, tapi ini namanya latihan kurban, saya yakin yang patungan sodaqoh kambing tahun depan bisa berkurban sendiri," terangnya.

Dia sengaja membiasakan anggotanya untuk berkurban setiap tahun sebagai bentuk solidaritas dan tanggung jawab sosial secara pribadi sebagai makhluk sosial.

"Kita sejak tahun lalu membuka tabungan kurban untuk anggota KOMPAK, alhamdulillah ada 21 anggota yang siap berkurban, jumlah donatur bertambah dari tahun lalu yang hanya 14 donatur," jelasnya.

Daging kurban selanjutnya akan dibagikan door to door kepada masyarakat yang selama masa pandemi Covid-19 tidak sempat mengkonsumsi daging.

"Kita sengaja bagikan hewan kurban door to door untuk menghindari kerumunan warga," ujar pria yang juga berprofesi sebagai wartawan ini.

Dia berharap, KOMPAK bisa menginspirasi semua pihak untuk berbagi antar sesama dan meningkatkan rasa solidaritas antar sesama manusia.

"Kita ingin membuktikan bahwa insan media juga mampu berbagi," tegasnya.

Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved