Breaking News:

Virus Corona di Jatim

UPDATE Corona di Jatim, Tren Sempat Menurun, Kini Kasus Positif Kembali Mengalami Kenaikan

Angka tersebut merupakan update data per tanggal 7 Agustus 2020 dengan tambahan kasus dalam sehari sebanyak 378 orang.

Myriam B / Shutterstock
ilustrasi 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Ketua Rumpun Kuratif Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur Joni Wahyuhadi menjelaskan bahwa angka kasus terkonfirmasi Covid-19 di Jawa Timur masih kembali terus bertambah.

Sore ini, Sabtu (8/8/2020), jumlah angka kasus covid-19 Jawa Timur mencapai 24.493 orang.

Angka tersebut merupakan update data per tanggal 7 Agustus 2020 dengan tambahan kasus dalam sehari sebanyak 378 orang.

Per hari ini, zona merah di Jawa Timur kembali bertambah menjadi 9 kabupaten kota.

Sembilan kabupaten kota yang masuk zona merah tersebut Kota Surabaya, Kota Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Gresik, Kota Malang, Kota Batu, Kota Mojokerto, Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto.

"Tambahan kasus yang masih terus bertambah menunjukkan bahwa Jawa Timur ini belum aman. Masyarakat masih harus terus menegakkan protokol kesehatan. Pakai masker, cuci tangan dengan sabun dan jaga jarak. Jaga jarak ini yang penting dan banyak orang yang lupa," tegas Joni dalam konferensi pers di Gedung Negara Grahadi.

Dikatakan Joni bahwa tambahan kasus baru terkonfirmasi covid-19 di Jawa Timur kembali menunjukkan tren naik lagi setelah beberapa waktu yang lalu dianggap sudah mencapai puncak dan tren kasus tampak menurun.

"Grafiknya naik lagi. Kemarin kita mengira sudah melewati masa puncak. Tapi ternyata sekarang naik lagi bahkan melampaui puncak yang sebelumnya," tegas Joni.

Lebih lanjut dikatakan Joni, meski tren pertambahan kasus masih terus naik, namun  tren kasus sembuh di Jawa Timur juga terus meningkat. Saat ini angka recovery rate kasus covid-19 Jatim sudah menyentuh angka 70,31 persen.

Angka tersebut diklaim Joni lebih tinggi dibandingkan dengan rerata recovery rate kasus covid-19 nasional yaitu sebanyak 64 persen. Ia juga membandingkan recovery rate Jatim dengan DKI Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Jawa Timur memiliki kumulatif dan persentase kesembuhan tertinggi di pulau Jawa. Jumlah pasien sembuh Jawa Timur itu empat kali lipatnya Jawa Barat dan 2,5 kalinya Jawa Tengah," tegasnya.

Namun begitu angka kematian kasus covid-19 Jawa Timur terbilang masih tinggi yaitu 7,49 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan rerata fatality rate nasional yaitu sebanyak 4,6 persen.

(Fz/fatimatuz zahroh) 

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved