Virus Corona di Banyuwangi

Jumlah Pasien Sembuh dari Virus Corona Kini 61 Orang, Kadinkes Banyuwangi: Jangan Beri Stigma Buruk

Per 11 Agustus 2020, ada 7 pasien sembuh, total kini ada 61 pasien sembuh dari 85 kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi
Peta Sebaran Covid-19 Kabupaten Banyuwangi 

TRIBUNMADURA.COM, BANYUWANGI - Pasien sembuh Covid 19 di Banyuwangi terus bertambah.

Per 11 Agustus 2020, ada 7 pasien sembuh, sehingga total kini ada 61 pasien sembuh dari 85 kasus konfirmasi Covid-19 (tingkat kesembuhan 71,7 persen).

Adapun yang masih dirawat 21 orang, dan 3 orang meninggal.

“Alhamdulillah, jumlah pasien yang sembuh terus bertambah, terima kasih rekan sejawat tenaga medis dan tenaga kesehatan. Juga terima kasih kepada pasien yang terus disiplin mematuhi instruksi dokter dan perawat,” ujar Kepala Dinas Kesehatan dr Widji Lestariono.

BREAKING NEWS - Gudang Penyimpanan Es dan Empat Lapak Pedagang Ikan di TPI Puger Jember Terbakar

Kisah Pedih Cowok Ditinggal Nikah Viral, 11 Tahun Kandas Lalu Terima Undangan: Saya Datang saat Akad

Lesty Kejora Masuk Kriteria Wanita Idaman Rizky Billar, Saya Lagi Single Sudah Move On dari Dinda?

Rio, sapaan akrabnya, meminta masyarakat agar tidak memberikan stigma terhadap pasien yang telah dinyatakan sembuh Covid-19 maupun yang masih dalam pengawasan.

Hal itu diungkapkan dr Widji Lestariono karena masih ada warga yang berlebihan dalam menyikapi keberadaan pasien yang dinyatakan sembuh maupun yang masih menjalani isolasi mandiri.

dr Widji Lestariono menerima keluhan sejumlah pasien bahwa mereka masih diberi stigma buruk oleh warga ketika pulang kembali ke rumah dari rumah sakit.

"Jangan kucilkan atau diskrimasi mereka, harusnya kita justru menyambut dengan baik. Mereka ini sudah berjuang melawan Covid-19, kita harus mendukungnya. Bagi yang belum kena, juga harus terus waspada jangan merasa hebat," kata Rio.

Dengan kondisi sembuh, berarti saat ini sudah tidak ada virus corona di tubuhnya. Sehingga mereka dinyatakan sebagai orang sehat.

Untuk itu jangan sampai muncul diskriminasi di tengah masyarakat.

"Masyarakat tidak perlu berlebihan dan tidak boleh menghakimi seseorang, baik yang sudah sembuh maupun yang memiliki gejala dan yang positif terjangkit Covid-19. Terima mereka dengan baik, beri dukungan agar mereka kembali bersemangat," kata dr Widji Lestariono. 

Peringatan Bagi Seluruh Camat di Malang, Bupati Sanusi Bakal Mutasi Jika Tak Becus Tangani Covid-19

Pasangan Suami Istri di Kota Madiun Positif Covid-19, Sebelumnya Hasil Rapid Test Non-Reaktif

Sarbumusi Mengadu ke Pemprov Jatim, Protes Ratusan Buruh Jadi Korban PHK Sepihak di Sidoarjo

Justru pasien yang sudah sembuh harus diberikan dukungan agar memiliki rasa percaya diri dan bisa kembali atau diterima di lingkungan masyarakat dengan baik.

"Kita harus berempati kepada mereka karena dia sudah membantu memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan bersedia diisolasi dan berjuang untuk sembuh," papar Rio.

Menurutnya, masyarakat hanya perlu menerapkan protokol kesehatan sesuai yang dianjurkan pemerintah.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved