Virus Corona di Banyuwangi

Tangani Covid-19, BNPB Gelontor Bantuan Dana dan Peralatan ke Ponpes Darussalam Blokagung Banyuwangi

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) langsung mereaksi cepat adanya klaster baru yang menjangkiti pesantren dengan 6.000 santri tersebut.

Humas Pemprov Jatim
Bantuan dapur umum yang diberikan oleh BNPB untuk penanganan klaster Covid-19 di Pesantren Darussalam Banyuwangi. 

TRIBUNMADURA.COM, BANYUWANGI - Mencuatnya temuan klaster Covid-19 baru di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam, Blokagung, Banyuwangi, tak hanya direspon Pemprov Jatim.

Pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga langsung mereaksi cepat adanya klaster baru yang menjangkiti pesantren dengan 6.000 santri tersebut.

Reaksi cepat itu diwujudkan dalam bentuk penyaluran sejumlah bantuan, di antaranya, dana talangan senilai Rp 1,5 miliar yang dipergunakan untuk kebutuhan mendesak.

Reaksi Lucinta Luna Setelah Dituntut 3 Tahun Penjara dan Denda Rp 25 Juta, Menangis Sesenggukan!

PKB Sudah Siapkan Nama untuk Pilkada Sidoarjo 2020 dan Mengusung Figur Lain, Tinggal Diumumkan

6 Syarat Dapatkan Bantuan BLT Rp 600 Ribu, Gaji di Bawah Rp 5 Juta hingga Aktif BPJS Ketenagakerjaan

Selain itu, BNPB juga telah mengirimkan bantuan 500 velbed (tempat tidur portabel), 20 unit tenda BNPB, dan 20 unit toilet portable.

Tidak itu saja, Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo bahkan langsung mengirimkan bantuan ikan tuna sebanyak 4 ton ke Ponpes Blokagung dan minyak kayu putih 100 cc sebanyak 6000 botol.

Tenaga ahli Penanganan Covid-19 dan Kebencanaan BPBD Jatim, Suban Wahyudiono, pun merespon positif reaksi cepat tersebut.

"Semua bantuan dari BNPB telah kami terima. Kami berterima kasih sekali pada BNPB yang memberikan perhatian besar pada Jawa Timur dengan bantuan penanganan yang komprehensif pada kasus di pesantren tersebut," kata Suban, Kamis (3/9/2020).

Khusus sejumlah peralatan posko, ia memastikan semuanya telah difungsikan di lingkungan Posko Covid-19 dan dapur umum yang terletak di Lapangan Kaligesing Desa Karangmulyo Kec Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi.

"Kemarin Gubernur Jatim juga telah meninjau langsung lokasi pondok yang terpapar Covid-19, kami semua lintas sektor lintas instansi bersama sama satu tujuan agar temuan klaster di pesantren di Blokagung segera selesai," pungkas Suban.

Di sisi lain, Pengasuh Ponpes Darussalam Blokagung Banyuwangi Hj Nihayatul Wafiroh menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang diterima.

Ia yakin bantuan tersebut sangat membantu proses karantina para santrinya, termasuk untuk meningkatkan imunitas para santri.

Sosok Eri Cahyadi di Mata Wali Kota Risma, Pribadi yang Rajin, Telaten dan Pemberani

PKB Sudah Siapkan Nama untuk Pilkada Sidoarjo 2020 dan Mengusung Figur Lain, Tinggal Diumumkan

Whisnu Sakti Tak Kecewa, Tapi Pendukung Pingsan Seusai Rekom PDIP untuk Pilwali Surabaya Diumumkan

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved