Breaking News:

BLT Rp 600 Ribu Tahap 2 Segera Cair Bagi 3 Juta Pekerja, Bank Swasta Lebih Lambat, Segera Cek Saldo

3 juta pekerja akan menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 600 ribu tahap 2. Namun, nomor rekening swasta, proses pencairannya akan lebih lambat.

Editor: Elma Gloria Stevani
istimewa
tumpukan uang 

TRIBUNMADURA.COM - BPJS Ketenagakerjaan telah menyerahkan data calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) Rp 600 ribu tahap kedua.

Data calon penerima bantuan langsung tunai (BLT) Rp 600 ribu diserahkan BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan pada Selasa, 1 September 2020.

Hal itu diungkapkan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah melalui siaran pers, bahwa 3 juta data calon penerima baru masuk ke Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) per 1 September 2020.

UPDATE CORONA di Indonesia Sabtu 5 September, Total Kini 187.537, Jawa Timur 350 Kasus Covid-19 Baru

Katalog Promo Indomaret 5 September 2020, Diskon Harga Sabun Mandi, Minyak Kayu Putih dan Buah Melon

Positif Covid-19 Sepulang dari Jakarta, Seorang Warga Ponorogo Tulari 9 Anggota Keluarga

Di pihak lain, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyatakan proses validasi dan verifikasi terhadap 3 juta data penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp 600 ribu bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp 5 juta (tahap II) telah selesai.

Setelah proses validasi dan verifikasi ini, pihaknya bakal segera meminta bank untuk melakukan transfer ke masing-masing penerima.

"Untuk itu, subsidi gaji/upah tahap II ini akan segera kami salurkan kepada penerima," kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah melalui keterangan tertulis, Jumat (4/9/2020) sebagaimana dikutip dari Kompas.com. 

Data 3 juta penerima ini diterima oleh Kemnaker dari BPJS Kesehatan pada 1 September lalu dan kemudian dilakukan validasi.

"Sesuai dengan juknis (petunjuk teknis), Kemnaker hanya memiliki waktu 4 hari untuk melakukan check list. Dan hari ini, Kemnaker telah selesai melakukan check list. Setelah dilakukan check list, data tersebut diserahkan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN)," jelasnya.

Menaker Ida Fauziyah saat melakukan rapat kordinasi bidang ketenagakerjaan dengan Kadisnaker tingkat Provinsi se-Indonesia secara virtual di Jakarta, Senin (3/8/2020). (Humas Kemnaker)
Menaker Ida Fauziyah saat melakukan rapat kordinasi bidang ketenagakerjaan dengan Kadisnaker tingkat Provinsi se-Indonesia secara virtual di Jakarta, Senin (3/8/2020). (Humas Kemnaker) ()

Proses berikutnya, jelas Ida kembali, KPPN akan menyalurkan uang subsidi gaji/upah tahap II tersebut kepada Bank Penyalur, yakni yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

"Selanjutnya, bank-bank Himbara akan menyalurkan uang subsidi gaji/upah ke rekening penerima secara langsung, baik itu rekening bank sesama bank Himbara, maupun rekening bank swasta lainnya," ujarnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved