Breaking News:

Berita Lumajang

Lumajang Masuk Daftar Bahaya Tsunami, Pemkab Minta BPBD Petakan Daerah Rawan Bencana

Ada potensi tsunami 20 meter di selatan Pulau Jawa. Pemkab Lumajang minta BPBD memetakan dan identifikasi daerah rawan terdampak tsunami.

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Elma Gloria Stevani
Intisari
Ilustrasi Tsunami 

TRIBUNMADURA.COM, LUMAJANG - Pemerintah Kabupaten Lumajang meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Jawa Timur untuk memetakan dan identifikasi daerah rawan terdampak tsunami.

Ini seiring hasil riset para peneliti Institut Teknologi Bandung ( ITB) yang telah diterbitkan dalam jurnal Nature Scientific Report mengenai ada potensi tsunami 20 meter di selatan Pulau Jawa.

"Saya sudah minta BPBD untuk memastikan bahwa kesiapan, kesiapsiagaan baik masyarakat maupun jalur evakuasi betul-betul sudah tersosialisasi dengan baik," kata Thoriq saat ditemui di Pendopo Arya Wiraraja, Lumajang, Minggu (27/9/2020).

Selain itu, Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq mengaku juga telah menginstruksikan BPBD Kabupaten Lumajang untuk melakukan pemetaan potensi rawan bencana.

Download Lagu TikTok MP3 Pergi Hilang dan Lupakan Remember of Today, Lupakanlah Semua Kenangan Ini

Download Lagu MP3 Kumpulan Musik Dangdut Koplo Terbaru 2020 dari Nella Kharisma hingga Happy Asmara

Tak Pernah Keluar Rumah, Wanita di Malang Ditemukan Meninggal di Dapur, Punya Riwayat Sakit Lambung

"Tentu kita Kabupaten Lumajang akan mengidentifikasi lebih detail lagi terkait desa-desa yang kemungkinan terdampak dari adanya potensi gempa itu atau potensi tsunami itu," ucapnya.

Kabupaten Lumajang merupakan wilayah yang rentan terhadap tsunami. Sebab secara geografis wilayah ini berbatasan langsung dengan Pantai Selatan yang menjadi pusat gempa bumi.

Setidaknya ada 9 desa yang rawan terjadi tsunami. Yaitu Desa Wotgalih, Jatimulyo, Bades, Selok Awar-awar, Bulurejo, Tegalrejo, Darungan, Pandanwangi, dan Pandan Arum.

Perangi Berita Hoax, Polres Gresik Aktifkan Patroli Siber, Masyarakat Diminta Bijak Bermedia Sosial

Download Lagu MP3 DJ Kenalan Yuk (DJ Tiban Tiban) Full Bass Lagu DJ Remix Terbaru, Viral TikTok 2020

Jadwal Acara TV Hari Senin 28 September 2020 ANTV Trans7 Trans TV RCTI NET TV Indosiar SCTV GTV

Beberapa waktu yang lalu misalnya, abrasi telah melanda Pantai Tempursari. Akibatnya ada 2 desa yaitu Bulurejo dan Tegalrejo yang terkena dampak. 

Adanya peringatan tsunami, khusus di wilayah Tempursari, Cak Thoriq akan melakukan koordinasi dengan Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Timur.

"Ya khusus Tempursari, saya kemarin sudah ke BPN Jatim menyampaikan soal ada banyak masyarakat yang sampai hari ini di sana perlu intervensi pemerintah secara kolektif," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved