Breaking News:

Virus Corona di Blitar

Tiga Santrinya Positif Covid-19, Pondok Pesantren di Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar Di-lockdown

Pondok pesantren di Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, terpaksa dilockdown setelah tiga dari 62 orang santri dinyatakan terkonfirmasi posif Covid-19

Myriam B / Shutterstock
ilustrasi 

TRIBUNMADURA.COM, BLITAR - Sebuah pondok pesantren (ponpes) di Kecamatan Udanawu, Kabupaten Blitar, terpaksa dilockdown setelah tiga dari 62 orang santri dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19.

Keputusan me-lockdown seluruh ponpes itu diambil, sebagai antisipasi agar tidak terjadi penularan ke masyarakat di luar.

Dijelaskan juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Blitar, Chrisna Yekti, status positif tiga santri itu diketahui usai swab test pada Jumat (25/9/2020) lalu.

"Akhirnya, tiga dari 462 santri itu diisolasi di tempat yang sudah disiapkan oleh pemkab," kata Chrisna Yekti, Senin (28/9/2020).

20 Peserta SKB CPNS 2019 di Gresik Akan Ikut Ujian Susulan Oktober 2020 karena Terpapar Covid-19

Jadwal Acara TV Hari Selasa 29 September 2020 Trans TV Kompas TV RCTI GTV SCTV Trans7 hingga Net TV

Gemini Abaikan Kekasih hingga Pisces Romantis, Intip Ramalan Zodiak Asmara Selasa 29 September 2020

Namun demikian, papar Chrisna, para santri di ponpes itu harus mengisolasi diri atau di-lockdown. Maksudnya dilarang kontak dengan pihak luar atau masyarakat sekitarnya.

"Makanya, aktivitas para santri harus dibatasi dengan kegiatan dalam pesantren saja," ungkapnya.

Sedangkan dari hasil tracing-nya, lanjutnya, ketiga santri positif Covid-19 itu baru datang kembali setelah libur lama di rumahnya masing-masing. Mereka berasal dari Surabaya dan Jawa Tengah.

"Karena proses belajar mengajar di ponpes saat ini sudah tatap muka, maka para santrinya harus melalui swab test, Dan hasilnya ada tiga santri positif, sedang santri lainnya aman," paparnya.

Kenang Ketua MUI Sumenep KH Shafraji, Gus Lukmanul Hakim: Sosok Ayah yang Pengayom dan Penyabar

Gelisah Bikin Saraf Taurus Bengkak, Libra Berlibur, Simak Ramalan Zodiak Selasa 29 September 2020

Download Lagu MP3 DJ Lungamu Ninggal Kenangan, Remix Full Bass 2020 Populer Tik Tok, Ada Lirik Lagu

Sementara data di Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, jumlah yang pernah terpapar Covid-19 sebanyak 559 orang, namun sudah sembuh. Sedangkan yang masih menjalani diisolasi mandiri sebanyak 17 orang.

Sementara yang menjalani isolasi di tempat yang sediakan oleh Pemkab Blitar sebanyak 19 orang. "Dan, saat ini masih ada 24 orang yang sakit dan menjalani perawatan intensif di sebuah rumah sakit," pungkasnya.

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved