Breaking News:

Berita Lumajang

Jalur Pendakian Kembali Dibuka, Gunung Semeru Ditargetkan Jadi Wisata Percontohan Nasional

Sistem wisata di Gunung Semeru akan diatur sedemikian rupa untuk memudahkan para pengunjung.

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
TRIBUNMADURA.COM/Tony Hermawan
Bupati Lumajang Thoriqul Haq (tengah) saat ditemui di Ranu Pani usai mengikuti upacara dibukanya kembali jalur pendakian Gunung Semeru, Kamis (1/10/2020). 

TRIBUNMADURA.COM, LUMAJANG - Bupati Lumajang, Thoriqul Haq mengungkapkan keinginannya untuk menjadikan Gunung Semeru sebagai pariwisata percontohan nasional.

Nantinya, kata Thoriqul Haq, sistem wisata di Gunung Semeru akan diatur sedemikian rupa untuk memudahkan para pengunjung.

"Jadi nanti semua harus tertata mulai perlengkapan dan bekali yang dibawa pendaki, guide profesional yang paham kondisi jalur pendakian, termasuk pendaki harus dalam keadaan fit (sehat)," kata Thoriqul Haq, Kamis (1/10/2020).

 Wisata Gunung Bromo Sepi Pengunjung pada Hari Pertama Kembali Dibuka, Tak Ada Batasan Jam Kunjung

 Mobil Jeep Gunung Bromo Terapkan Physical Distancing, Diberi Sekat antara Pengemudi dan Penumpang

 Jalur Pendakian Gunung Semeru Dibuka Mulai Oktober 2020, Cek Syarat Masuk dan Harga Tiket Terbarunya

"Nah ketika semua tertata by sistem, saya yakin Gunung Semeru bisa menjadi pariwisata yang segmented tetapi tetap aman dan bisa dinikmati dengan sangat luar biasa," sambung dia.

Hal ini menjadi keinginanannya sebab, dengan cara ini dinilai bisa meminimilasir risiko kecelakaan pendaki di Gunung Semeru.

"Saya tidak mau ada lagi ke depan mendengar pendaki semeru yang mengalami kecelakaan karena tidak terkontrol masuk jalur yang benar," ucapnya.

Selain itu, Gunung Semeru nyatanya tak hanya soal megahnya Puncak Mahameru.

Titik-titik sekitar Semeru keindahan alamnya juga tak kalah menarik. Termasuk Desa Ranupani yang menjadi pos pertama pendakian ke Puncak Mahameru.

Untuk itu, Kata Thoriq, saat ini Pemkab Lumajang juga tengah memfokuskan diri memassifkan pembangunan di Desa Ranupani.

"Karena itu saya konsen betul Ranupani harus tertata dengan baik. Wisata alamnya kita hutankan kembali di beberapa titik yang perlu ada penanaman pohon," kata dia.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (tengah), John Kennedy Kepala TNBTS (kiri) dan dukun adat setempat (kiri) saat memotong tali pita sebagai penanda jalur pendakian Gunung Semeru kembali dibuka, Kamis (1/10/2020).
Bupati Lumajang Thoriqul Haq (tengah), John Kennedy Kepala TNBTS (kiri) dan dukun adat setempat (kiri) saat memotong tali pita sebagai penanda jalur pendakian Gunung Semeru kembali dibuka, Kamis (1/10/2020). (TRIBUNMADURA.COM/Tony Hermawan)

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved