Breaking News:

Virus Corona di Blitar

Disiplin Prokes di Kota Blitar Mulai Kendor, Satgas Covid-19 Minta Tokoh Masyarakat Edukasi Warga

Satgas Covid-19 Kota Blitar menilai tingkat kedisiplinan penerapan protokol kesehatan sedikit kendor beberapa pekan terakhir ini.

TRIBUNMADURA.COM/SAMSUL HADI
Satgas Covid-19 terus menggencarkan operasi yustisi di jalan raya di Kota Blitar. 

TRIBUNMADURA.COM, BLITAR - Satgas Covid-19 Kota Blitar menilai tingkat kedisiplinan penerapan protokol kesehatan sedikit kendor beberapa pekan terakhir ini.

Untuk itu, Satgas Covid-19 mendorong tokoh masyarakat ikut aktif mengedukasi warga dalam pendisiplinan penerapan protokol kesehatan agar kembali ketat.

"Kami terus menggencarkan operasi dan edukasi ke masyarakat," kata Plt Kepala Satpol PP Kota Blitar, Hadi Maskun, Jumat (20/11/2020). 

Hadi menuturkan masyarakat yang sadar dengan bahaya Covid-19, otomatis disiplin menerapkan protokol kesehatan baik ada petugas maupun tidak. 

Tetapi, bagi kelompok masyarakat yang tidak begitu sadar dengan bahaya Covid-19, mereka cenderung abai dengan penerapan protokol kesehatan. 

"Sebenarnya mereka tahu bahaya Covid-19, tapi mereka abai dengan penerapan protokol kesehatan. Hal itu masih kami temukan di sejumlah tempat nongkrong dan fasilitas umum," ujarnya. 

Dikatakannya, Satgas Covid-19 yang terdiri atas Satpol PP, TNI, dan Polri terus menggencarkan operasi yustisi dan memberikan edukasi ke masyarakat soal pendisiplinan penerapan protokol kesehatan. 

Tetapi, upaya Satgas Covid-19 tidak akan berjalan lancar kalau tidak ada partisipasi dari masyarakat.

Khususnya, peran tokoh masyarakat dan instansi lain dalam mengedukasi masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan. 

"Misalnya, Dinas Pariwisata ikut memberikan edukasi di tempat wisata, lalu Disperdagin sosialisasi di pasar. Terpenting lagi, peran tokoh masyarakat ikut mensosialisasikan protokol kesehatan ke warga," katanya.

Sedang Satgas Covid-19 sendiri, kata Hadi, tetap terus menggencarkan operasi yustisi siang dan malam.

Satgas Covid-19 melalukan penegakan hukum terkait penerapan protokol kesehatan. 

"Operasi yustisi juga terus kami gencarkan siang dan malam. Tapi, partisipasi masyarakat dan instansi lain juga dibutuhkan untuk menyadarkan masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan," ujarnya. 

Sekadar diketahui, sampai sekarang, Satgas Covid-19 menindak sebanyak 3.139 pelanggar protokol kesehatan.

Para pelanggar dikenai sanksi mulai teguran lisan, penyitaan sementara KTP, sampai sanksi tindak pidana ringan (tipiring).
Tags 
corona
Covid-19
protokol kesehatan
Blitar
SURYAMALANG.COM

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved