Breaking News:

Berita Jawa Timur

Prakiraan Cuaca di Jawa Timur: Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang Terjadi Sepekan ke Depan

Wilayah di Jawa Timur diprediksi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang dalam sepekan ke depan.

TRIBUNMADURA.COM/AHMAD FAISOL
Kabupaten Bangkalan kembali diterjang hujan dan angin kencang, Jumat (/6/11/2020). Sejumlah pohon tumbang menimpa dua rumah warga 

TRIBUNMADURA.COM, MALANG - Sejumlah wilayah di Jawa Timur diprediksi terjadi hujan lebat disertai petir dan angin kencang dalam sepekan ke depan, mulai tanggal 5 - 11 Desember 2020.

Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Sidoarjo, Teguh Tri Susanto mengatakan, ada beberapa penyebab hujan lebat disertai petir dan angin kencang melanda wilayah Jawa Timur.

"Dari data yang kami dapat, menunjukkan bahwa terdapat potensi peningkatan pertumbuhan awan-awan hujan di atas wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan," kata Teguh Tri Susanto  kepada TribunMadura.com, Minggu (6/12/2020).

Baca juga: Gunung Semeru Kembali Muntahkan Awan Panas, Masa Darurat Bencana Diperpanjang hingga 14 Desember

Baca juga: Desa Tunggalpanger Mojokerto Diguyur Hujan Lebat, Satu Rumah Warga Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

Baca juga: Dua Puskesmas di Tuban Dilockdown, Ada 7 Orang Tenaga Kesehatan Positif Covid-19

"Peningkatan pertumbuhan awan tersebut dapat terjadi oleh beberapa sebab. Yaitu adanya kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil, aktifnya fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin di wilayah Indonesia," sambung dia.

"Lalu adanya pusaran angin (sirkulasi siklonik) yang terpantau di beberapa tempat, yang dapat mendorong terbentuknya daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi)," ujarnya.

Ia menjelaskan, tidak hanya di wilayah Jawa Timur saja yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Melainkan juga di beberapa wilayah Indonesia.

"Wilayah wilayah tersebut adalah : Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Kep. Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta," ungkap dia.

"Kemudian, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua," bebernya.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap selalu waspada dan berhati hati terhadap kondisi cuaca tersebut.

"Karena dampak yang dapat ditimbulkan adalah banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin," imbau dia.

Baca juga: Dampak Lupa Mengganti Oli Motor, Ternyata Berakibat Fatal, Satu di Antaranya Sebabkan Mesin Overheat

Halaman
12
Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved