Breaking News:

Banjir Pamekasan

13 Wilayah di Pamekasan Kembali Tergenang Banjir Luapan Sungai, Air Masuk ke Pemukiman Warga

Sebanyak 13 wilayah di Kabupaten Pamekasan Madura terdampak banjir pada Minggu (10/1/2021) malam.

TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Kondisi Jalan KH Hasan Sinhaji dan sejumlah daerah di Pamekasan yang terdampak banjir luapan air sungai, Minggu (10/1/2021). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Sebanyak 13 wilayah di Kabupaten Pamekasan, Madura, terdampak banjir dari luapan sungai, Minggu (10/1/2021) malam.

13 wilayah yang terdampak banjir Pamekasan ini di antaranya, Kelurahan Juncangcang, Kelurahan Patemon, Desa Jalmak, dan Desa Laden.

Selain itu, Kelurahan Barurambat Kota, Kelurahan Barurambat Timur, Desa Lemper, Kelurahan Kangenan, Kelurahan Parteker, Desa Kodik Kecamatan Proppo, Desa Palengaan Daya dan Desa Rombuh juga terdampak luapan banjir dari air sungai.

Supervisor Pusdal Ops BPBD Pamekasan, Budi Cahyono mengatakan, ada tiga 3 warga di Jalan KH Hasan Sinhaji yang terdampak banjir dievakuasi oleh pihaknya.

Kata dia, banjir luapan dari air sungai ini mulai masuk ke pemukiman warga sejak pukul 19.00 WIB.

Menurutnya, banjir itu kembali terjadi karena hujan intensitas tinggi di daerah hulu yang menyebabkan debit air tidak bisa tertampung ke sungai.

"Selain itu ditambah karena posisi air laut pasang," kata Budi Cahyono saat dikonfirmasi TribunMadura.com, Senin (11/1/2021).

Pria yang akrab disapa Budi ini juga mengaku beruntung, sebab hanya satu Dam sungai yang mengalami kenaikan debit air.

Sehingga luapan banjir yang menggenangi Kota Pamekasan tidak terlalu parah seperti Desember 2020 lalu.

"Alhamdulillah sekitar pukul 16.30 WIB kemarin, banjir yang di Palengaan Daya dan Rombuh berangsur surut dan waspada karena aliran air 4 jam setelahnya akan menuju kota," peringatnya.

Menurut Budi, banjir kiriman dari daerah Pantura mulai meluap sekitar pukul 19.00 WIB ke Desa Kodik, Jalan Gazali, Jalan KH Hasan Sinhaji dan terus mengalir ke Jagalan, Parteker, Barkot Timur hingga ke Jalan Kanginan sisi Utara.

Namun sekitar pukul 03.00 WIB, luapan banjir air sungai berangsur surut seiring surutnya air laut yang ikut surut.

"Jam 08.30 WIB hari ini, air sudah surut 95 persen," tutupnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved