Breaking News:

Berita Sumenep

DPRD Sumenep Angkat Bicara Soal Fenomena Banjir yang Tiap Tahun Melanda Sumenep, Ungkap Faktor ini

Ketua Fraksi Gabungan (Hanura, NasDem dan PKS) DPRD Sumenep, Akis Jazuli angkat bicara terkait penanganan banjir yang sering terjadi di wilayah kota

TRIBUNMADURA.COM/ALI HAFIDZ SYAHBANA
Ketua Fraksi Gabungan (Hanura, NasDem dan PKS) DPRD Sumenep, Akis Jazuli saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (11/1/2021). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Ali Hafidz Syahbana

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Setiap musim hujan, wilayah kota Sumenep khususnya sering dilanda banjir.

Bahkan perumahan warga dan ratusan hektar sawah milik petani akhir-akhir ini terendam banjir akibat guyuran hujan deras.

Terkait hal ini, Ketua Fraksi Gabungan (Hanura, NasDem dan PKS) DPRD Sumenep, Akis Jazuli angkat bicara terkait penanganan banjir yang sering terjadi di wilayah kota setiap musim hujan.

Akis Jazuli menilai hal itu diakui atau tidak katanya, akibat buruknya sistem drainase atau saluran air yang disebabkan oleh pembangunan trotoar di sejumlah ruas jalan.

"Seharusnya pemerintah memikirkan ini, pertama mulai dari irigasi. Terutama di ruang lingkup tata ruang kota ini jadi perhatian utama," terangnya pada TribunMadura.com, Senin (11/1/2021).

Politisi muda partai NasDem Sumenep ini menekan dinas terkait, agar persoalan penanganan banjir di wilayah kota tidak terkesan berbelit-belit.

"Agar persoalan ini tidak berbelit-belit, maka harus segera diselesaikan. Banjir ini kan terjadi sejak tiga tahun (2018) terakhir, maka tahun depan tidak ada lagi banjir yang terjadi sekarang," kata penulis buku Aseab Vs China (Asena Dalam Pusaran Konflik Laut Cina Selatan) di ruang kerjanya.

Politisi asal kecamatan Talango ini melanjutkan, soal banjir ini juga diakibatkan hutan sebagai daerah tangkapan air sudah mulai berkurang harus jadi perhatian utama.

"Perlu juga melihat aspek alamnya, kalau melihat sebelumnya ada tanaman mangrove seperti di wilayah nambakor itu  tidak seharusnya digundul. Buktinya sekarang ketika digundul terjadilah banjir beneran. Ini perlu kepekaan kita menjaga kelestarian lingkungan," katanya.

Halaman
12
Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved