Breaking News:

Berita Jawa Timur

Khofifah Tinjau Sanitary Landfill di Jabon, Luas 5,8 Ha dengan Kapasitas Pengolahan 450 Ton Sampah

Gubernur Khofifah memastikan bahwa proyek pembangunan sanitary landfill TPA Emision Reduction in Cities di Jabon Kabupaten Sidoarjo siap dioperasikan.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Elma Gloria Stevani
TRIBUNMADURA.COM/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Khofifah saat melakukan peninjauan proyek sanitary landfill di TPA ERiC di Jabon Sidoarjo Rabu (17/3/2021). 

Reporter: Fatimatuz Zahroh | Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, SIDOARJO - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa proyek pembangunan sanitary landfill TPA Emision Reduction in Cities (ERiC) di Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo siap untuk dioperasikan dalam waktu dekat.

Sanitary Landfill ini memiliki kapasitas pengolahan sampah hingga 450 ton per hari.

Hal itu disampaikan oleh Gubernur Jawa Timur saat melakukan peninjauan proyek sanitary landfill di TPA ERiC di Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo Rabu (17/3/2021) sore.

Khofifah Indar Parawansa menyampaikan, bahwa dalam waktu dekat sanitary landfill ini akan segera diresmikan dan dioperasionalkan.

Baca juga: Di Tengah Kepanikan Banjir Bandang di Desa Banjarpanjang Magetan, Pencuri Gondol Uang Rp 100 Juta

Baca juga: Kongres HMI XXXI Surabaya, Gubernur Khofifah: Warga Jatim Bangga Presiden Jokowi Pakai Batik Madura

Baca juga: Beredar Video Nadya Arifta Gelar Bridal Shower, Sinyal Segera Dinikahi Kaesang Pangarep Makin Kuat

Baca juga: Cincin Batu Karang dan Seserahan Senilai Rp 1 M Resmikan Pertunangan Aurel dan Atta Halilintar

"Terima kasih Kementerian PU PR yang menyiapkan sanitary landfill ini. Sebetulnya ada empat titik yang disiapkan di Jatim. Kemarin saya tinjau yang di Kota Malang, kemudian hari ini kita tinjau di Sidoarjo. Dua lagi ada di Jombang dan Tuban," tegas Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Untuk yang di Kota Malang, pengerjaan sudah selesai dan serah terima ke Pemkot juga sudah dilakukan. Sedangkan di Sidoarjo ini tinggal serah terima ke Pemkab.

Sedangkan untuk di Jombang ditargetkan akan diresmikan akhir tahun. Dan untuk yang ada di Tuban, saat ini masih dalam proses lelang.

"Saat ini, yang di Jabon ini sudah siap operasi. Di sini sudah disiapkan landfill seluas 5,8 hektar, dengan kapasitas sampah yang akan diolah di sini sebanyak 450 ton per hari. Dengan kapasitas itu, maka ini hanya bisa 5 sampai 7 tahun," tegas Khofifah Indar Parawansa.

Tidak hanya itu, di kawasan sanitary landfill ini juga sudah disiapkan gedung sorting dan juga tempat untuk composting. Sehingga TPA ini juga akan menghasilkan pupuk kompos yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan pupuk organik.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved