Breaking News:

Berita Surabaya

Stasiun Sidoarjo Layani Pemeriksaan Tes GeNose C19 untuk Calon Penumpang Mulai Sabtu 20 Maret 2021

Stasiun Sidoarjo menyediakan layanan pemeriksaan tes GeNose C19 mulai 20 Maret 2021.

ISTIMEWA/TRIBUNMADURA.COM
Layanan pemeriksaan GeNose C19 sudah disediakan oleh PT KAI Daop 8 Surabaya di Stasiun Pasar Turi, Minggu (14/2/2021). 

Reporter: Fikri Firmansyah | Editor: Ayu Mufidah KS

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - PT KAI Daop 8 Surabaya memperluas layanan pemeriksaan tes GeNose C19 di wilayah kerjanya.

Terbaru, mulai 20 Maret 2021, layanan pemeriksaan tes GeNose C19 akan ditambahkan di Stasiun Sidoarjo.

"Ya, mulai besok di Stasiun Sidoarjo kami telah menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19," kata Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, Jumat (19/3/21).

Baca juga: Ada Perubahan Harga Tes GeNose di Stasiun Malang, Tarif Baru Pemeriksaan Berlaku Mulai 20 Maret 2021

Baca juga: Layanan Tes GeNose Dibuka di Stasiun Jember dan Stasiun Ketapang, Simak Biaya Pemeriksaannya

"Layanan ini merupakan kerja sama antara KAI dan Rajawali Nusindo," ujar dia.

Dengan ditambahkannya layanan tes GeNose di Sidoarjo, maka untuk saat ini total jumlah pelayanan GeNose C19 di wilayah PT Daop 8 Surabaya terdapat di empat stasiun.

Empat stasiun kereta api PT KAI Daop 8 Surabaya yang membuka layanan tes GeNose yakni, Stasiun Pasar Turi, Stasiun Gubeng, Stasiun Malang, dan Stasiun Sidoarjo.

Sementara untuk secara nasional, Per 20 Maret 2021 total ada 23 stasiun yang menyediakan layanan GeNose C19.

Adapun ke-23 stasiun tersebut yaitu Stasiun Pasarsenen, Gambir, Bekasi, Bandung, Kiara Condong, Cirebon, Cirebon Perujakan, Semarang Tawang, Semarang Poncol.

Kemudian, ada Tegal, Kutoarjo, Purwokerto, Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Madiun, Jombang, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Stasiun Sidoarjo, Jember, dan Ketapang.

Luqman menambahkan, setiap hasil pemeriksaan GeNose C19 di stasiun awal selalu juga dapat dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayani perjalanan KA Jarak Jauh.

Dikatakan pula oleh Luqman, bahwa adanya penyediaan pemeriksaan GeNose C19 ini merupakan komitmen KAI terhadap kebijakan pemerintah terkait persyaratan naik KA Jarak Jauh sesuai SE Satgas Covid-19 No 7 tahun 2021 dan SE Kemenhub No 20 Tahun 2021.

Adapun untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun, kata Luqman, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah lunas, serta tidak boleh merokok, makan, minum (kecuali air putih) selama 30 menit sebelum melaksanakan tes.

Luqman juga menjelaskan, kehadiran Layanan GeNose sendiri ini sejak awal karena untuk menyesuaikan terkait syarat dalam menggunakan KA Jarak Jauh, yang mana pelanggan diharuskan menunjukkan surat keterangan negatif GeNose C19 atau Rapid Test Antigen atau RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 3x24 jam sebelum keberangkatan.

"Sedangkan, khusus untuk keberangkatan pada hari libur keagamaan dan libur panjang diwajibkan menunjukkan surat keterangan negatif screening Covid-19 yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan. Dari sini lah kami ingin memudahkannya melalui layanan pemeriksaan GeNose C19," tutupnya.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved