Breaking News:

Berita Sumenep

Masjid Jamik di Sumenep Madura Akan Terapkan Protokol Kesehatan Ketat saat Salat Tarawih Berjemaah

Masjid Jamik di Jalan Raya Trunojoyo, adalah salah satu masjid di Madura, Jawa Timur yang akan menyelenggarakan salat tarawih berjamah dengan prokes.

TRIBUNMADURA.COM/ALI HAFIDZ SYAHBANA
Suasana sore hari di depan Masjid Jamik Sumenep, tepatnya di Jalan Raya Trunojoyo, Rabu (7/4/2021). 

Reporter: Ali Hafidz Syahbana| Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Pemerintah memutuskan mengizinkan penyelenggaraan salat Tarawih di masjid dan musala saat Ramadan 1442 H/2021 M.

Meski demikian, sejumlah aturan tetap harus dijalankan bila masjid ingin menggelar salat tarawih berjemaah di tengah pandemi Covid-19.
Masjid Jamik di Jalan Raya Trunojoyo, adalah salah satu masjid di Madura, Jawa Timur yang akan menyelenggarakan salat tarawih berjamah.
Ketua Takmir Masjid Jamik, Husen Satriawan, menyatakan salat tarawih akan digelar dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.
Sejumlah prokes ketat yang akan diterapkan di masjid meliputi pembatasan jumlah jemaah, jaga jarak saf, hingga jemaah wajib memakai masker dan membawa perlengkapan ibadah sendiri

"Bulan suci Ramadan ini memang sangat ditunggu-tunggu oleh umat Islam, oleh karena itu saya mengajak untuk melaksanakan shalat tarawih seramai mungkin. Karena ini (bulan suci Ramadhan) kita tunggu-tunggu," terang Husen Satriawan pada Rabu (7/4/2021).

Husen Satriawan juga imbau bagi para pemuda Sumenep, untuk mengaji atau tadarus Al-Quran di Masjid Jamik setelah salat Tarawih .

"Kita tadarusan di Masjid Jamik, karena selesai shalat tarawih ada tadarusan Al-Quran sampai malam tanggal 21 nanti," tuturnya.

"Saya sudah menghimbau, ada tulisan di depan untuk jamaah silahkan harus membawa masker untuk mengikuti protokol kesehatan. Tetapi itu hak setiap pribadi jamaah, kita tidak bisa menekan dan melarang. Yang penting saya sudah mengimbau," sambungnya.

Untuk di Masjid Jamik sendiri katanya, sudah tersedia fasilitas protokol kesehatannya.

Pihaknya juga menambahkan, jika Masjid Jamik Sumenep ini adalah milik bersama umat Islam.

"Lagi, kita juga sudah menyiapkan untuk shalat Idhul Fitri yang nanti niasanya sampai ke area Taman Bunga. Nanti malamnya sudah kita lakukan pembersihan, dan tidak boleh ada najis di tempat itu," katanya.

Simak artikel lain terkait Kabupaten Sumenep

Simak artikel lain terkait penambangan fosfat

Simak artikel lain terkait Madura

FOLLOW US:

Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved