Berita Malang

Malam 1 Ramadan 2021, Masjid Agung Malang Gelar Salat Tarawih Berjemaah dengan Prokes Ketat

Ratusan jemaah salat Tarawih memadati lantai satu Masjid Agung Malang dengan menerapkan protokol kesehatan

TRIBUNMADURA.COM/M RIFKY EDGAR
Jemaah salat Tarawih di Masjid Agung Malang, Senin (12/4/2021). 

TRIBUNMADURA.COM, MALANG - Masjid Agung Malang menggelar salat Tarawih berjamaah malam pertama 1 Ramadan 2021 pada masa pandemi Covid-19.

Tampak ratusan jemaah salat Tarawih memadati lantai satu Masjid Agung Malang dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah diterapkan oleh pengurus takmir masjid.

Dari pantauan SURYAMALANG.COM ( grup TribunMadura.com ) di lokasi, jemaah yang akan memasuki Masjid Agung Malang diperiksa terlebih dahulu suhu tubuhnya menggunakan thermogun.

Baca juga: Pelaksanaan Salat Tarawih di Masjid Agungi Malang, Ada Pembatasan Jumlah Jemaah hingga Aturan Shaf

Baca juga: Jadwal Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadan di Madura Selasa 13 April 2021, Ada Bangkalan hingga Sumenep

Baca juga: Kisah Kiai Madura Sukur, Diusir Mertua dari Rumahnya, Kini Digugat Cerai Istri setelah Buatkan Rumah

Jarak antar jemaah salat Tarawih diatur berjarak, dengan batas sekitar 0,5-1 meter antar masing-masing jemaah.

Meski ada sejumlah orang yang tidak memakai masker, pengurus takmir masjid tetap mengimbau jemaah agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Kami tetap terbuka ya bagi semua jamaah. Artinya semua diperbolehkan salat asalkan menerapkan protokol kesehatan," ucap Mahmudi Muchit Pengurus Takmir Masjid Agung Malang, Senin (12/4).

Pada hari pertama salat Tarawih 2021 ini, Masjid Agung Malang mengharapkan kesadaran masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Hal ini berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan pengurus takmir masjid di tahun 2020 lalu yang pada saat itu juga dalam pandemi Covid-19.

Perhatian utamanya tetap kepada protokol kesehatan, terutama berkaitan dengan masker dan aturan jaga jarak yang telah diatur oleh pengurus takmir.

Baca juga: Waspada Dehidrasi, Ini Aturan Minum Air Putih saat Puasa Ramadan, Pastikan Penuhi Kebutuhan Tubuh

Baca juga: BREAKING NEWS - Hilal 1 Ramadan 2021 Terlihat di Tuban, Ada 3 Orang Bersaksi

"Kalau evaluasinya hampir semua jamaah itu tertib. Tapi ya masih ada yang tidak memakai masker. Jadi tetap kami imbau ya," terangnya.

Masjid Agung Jami Kota Malang juga membatasi jumlah jamaah ketika jamaah telah memadati lantai satu, dua dan tiga masjid.

Pihaknya juga meminta para jamaah agar tidak melakukan salat di dalam Alun-Alun Kota Malang.

Karena di area tersebut kini sedang disterilisasi dan ditutup oleh Pemerintah Kota Malang selama pandemi Covid-19.

"Kami tidak memperkenankan orang itu salat di Alun-Alun. Jadi kami maksimalkan semua lantai, karena kapasitas masjid dengan protokol kesehatan bisa terisi hingga 2.000 an jamaah," ucapnya.

Sementara itu, menjalani ibadah salat tarawih di Masjid Agung Jami Malang di malam puasa menjadi pengalaman yang spesial bagi Firman, warga Gadang Kota Malang.

Firman mengaku, bahwa ada nuansa yang berbeda ketika melaksanakan ibadah di Masjid Agung Jami Kota Malang ketika bulan ramadan.

"Memang agak berbeda ya ketika merasakan salat di masjid kampung dengan di masjid jami. Suasana ini yang memang saya tunggu agar bisa merasakan salat tarawih pertama di masjid jami," ucapnya.

Firman pun berharap semoga pandemi Covid-19 bisa segera berakhir. Agar nantinya masyarakat bisa lebih tenang dan lebih khusyuk dalam menjalani ibadah saat puasa ramadan.

"Alhamdulillah ya, intinya saya bersyukur bisa bertemu lagi dengan bulan penuh berkah ini. Semoga saja pandemi ini bisa berkahir. Agar suasana seperti dulu bisa saya rasakan kembali," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved