Breaking News:

Berita Trenggalek

Larangan Mudik Lebaran 2021 Berlaku Pekan Ini, Berikut Titik Penyekatan Menuju Kabupaten Trenggalek

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengatakan, penyekatan akan dilakukan di perbatasan Trenggalek-Ponorogo dan Trenggalek-Pacitan.

TRIBUNMADURA.COM/AFLAHUL ABIDIN
Pos Pengamanan Ops Ketupat Semeru 2021 di Kabupaten Trenggalek Artikel ini telah tayang di Surya.co.id dengan judul Larangan Mudik Lebaran 2021, Ini Lokasi Penyekatan Jalan Menuju Kabupaten Trenggalek, https://surabaya.tribunnews.com/2021/05/04/larangan-mudik-lebaran-2021-ini-lokasi-penyekatan-jalan-menuju-kabupaten-trenggalek. Penulis: Aflahul Abidin Editor: Cak Sur 

Reporter: Aflahul Abidin | Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, TRENGGALEK - Pemerintah RI secara resmi telah melarang aktivitas mudik lebaran tahun ini guna menekan penyebaran virus corona alias Covid-19, yang berlaku mulai 6-17 Mei 2021.

Berbagai pihak kini tengah melakukan persiapan, satu diantaranya prihal penyekatan di sejumlah wilayah. Supaya, petugas bisa menghalau warga yang masih nekat melakukan mudik secara mudah dan optimal.

Adapun aturan larangan mudik, tertuang dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek akan menyekat sebagian jalan pintu masuk yang berbatasan dengan daerah lain saat pemberlakuan larangan mudik 6-17 Mei 2021.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengatakan, penyekatan akan dilakukan di perbatasan Trenggalek-Ponorogo dan Trenggalek-Pacitan.

Sementara perbatasan Trenggalek-Tulungagung tak ikut disekat karena masuk dalam rayon yang sama dengan Trenggalek.

Berdasarkan pembagian rayon itu, Trenggalek masuk dalam rayon IV bersama Kota Kediri, Kabupaten Kediri, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Jombang, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Blitar, dan Kota Blitar.

Berdasarkan aturan yang ada, warga yang ada dalam satu rayon boleh melakukan perjalanan nonmudik antarkota/kabupaten pada 6-17 Mei mendatang.

“Itu alasannya yang kami sekat adalah di perbatasan Ponorogo dan Pacitan. Karena di dua wilayah itu yang berbatasan dengan rayon lain,” sambungnya.

Sekadar informasi, Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Pacitan sama-sama masuk dalam rayon V bersama Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan.

Sementara itu, Kapolres Trenggalek, AKBP Doni Satria Sembiring mengatakan, personelnya akan berjaga pada titik penyekatan saat dimulainya larangan mudik Lebaran 2021.

Sesuai aturan, mereka yang diperbolehkan masuk ke Trenggalek adalah orang-orang yang punya surat izin atau surat tugas dan yang bisa menunjukkan hasil tes usap polymerase chain reaction (PCR) atau tes ucap antigen.

“Apabila di penyekatan nanti ada yang masuk, kami akan tanyakan dulu surat yang harus dibawa, tujuannya apa, kalau tujuannya mudik, kami akan arahkan untuk kembali. Sementara kalau tujuannya termasuk yang dikecualikan, akan kami masukkan ke Trenggalek,” ujar Doni.

Baca juga: BREAKING NEWS - 4 Hari Jelang Larangan Mudik Lebaran, 2.300 Penumpang Naik KA dari Stasiun Gubeng

Simak artikel lain terkait Kabupaten Trenggalek, Larangan Mudik, Lebaran 2021
FOLLOW US:
 
 
 
 
 
 
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved