Breaking News:

Berita Sampang

Gagal Dirapel, Penyaluran BLT DD di Sampang Ditargetkan Rampung Sebelum Hari Raya Idul Fitri 1442 H

BLT DD tahap dua masih diajukan ke Kas Negara APBN melalui KPPN karena penyaluran dari pusat ke Desa masih melalui beberapa tahapan.

TRIBUNMADURA.COM/HANGGARA PRATAMA
Penyaluran BLT DD di salah satu desa di Kecamatan Camplong, Kabupaten Sampang, Madura, (4/5/2021). 

Reporter: Hanggara Pratama | Editor: Aqwamit Torik

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Sebelum Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang menargetkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) rampung tersalurkan ke 180 desa di wilayah kerjanya.

Akan tetapi, dalam rencana penyalurannya dirapel selama beberapa bulan ternyata gagal dan hanya tersalurkan di periode Januari saja.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Pemerintahan Desa, Irham Nurdayanto mengatakan, bahwa berubahnya rencana penyaluran tersebut disebabkan berubahnya sistem pencairan Dana Desa dari tahun sebelumnya.

Dijelaskan, Pengajuan pencairan Dana Desa tahap I yang biasanya langsung cair 40 persen, saat ini dibagi menjadi beberapa sub tahap per tahapan pencairan, yakni per tahap dibagi menjadi 7 sub tahap.

Sehingga, BLT DD tahap dua masih diajukan ke Kas Negara APBN melalui KPPN karena penyaluran dari pusat ke Desa masih melalui beberapa tahapan.

“Kalau ditahun ini 40 persen itu pengajuan kami bertahap menjadi 7 sub," ujarnya.

"Pertama tahap 1 sub 1: dana Covid-19 sebesar 8 persen DD, kedua Tahap 1 sub 2: DD reguler (40 persen-sub 1 dana Covid dan BLT 5 bulan) dan seterusnya,” imbuhnya.

Sementara, tujuan pencairan sebelum lebaran tahun ini untuk membantu ekonomi masyarakat agar sama-sama dapat merayakan hari kemenangan.

Sehingga, pihaknya bersama BAS Sampang menargetkan 12 Desa selesai penyaluran dalam setiap harinya.

Maka dari itu pada 12 Mei 2021 merupakan hari terakhir penyaluran BLT DD tahap pertama ke seluruh desa di Sampang.

“Diupayakan maksimal 12 Mei, 180 Desa tuntas," pungkasnya.

Penulis: Hanggara Pratama
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved