Idul Fitri 2021

Kapasitas Hanya 15 Persen, Masjid Al Akbar Surabaya Buka Pendaftaran Jamaah Salat Idul Fitri 2021

Salat Idul Fitri 1442 H di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Aqwamit Torik
TRIBUNMADURA.COM/ACHMAD ZAIMUL HAQ
Ilustrasi - Gelaran Salat Idul Adha Masjid Al Akbar Surabaya, Jumat (31/7/2020). 

Reporter: Fatimatuz Zahroh | Editor: Aqwamit Torik

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Salat Idul Fitri 1442 H di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sebab, Idul Fitri 2021 ini masih diselimuti pandemi Covid-19.

Jamaah yang diizinkan untuk salat di Masjid Al Akbar Surabaya juga akan dibatasi hanya 15 persen dari kapasitas normal.

Humas Masjid Al Akbar Surabaya Helmy M Noor mengatakan bahwa pihak takmir masjid telah membuka pendaftaran untuk jamaah salat Idul Fitri 1442 H. 

Pendaftaran dibuka secara online dengan kuota hanya 6.000 orang, yang merupakan 15 persen dari kapasitas total Masjid Al Akbar Surabaya yaitu 40 Ribu orang jamaah.

“Kami sudah menggelar pendaftaran online, dan berdasarkan update kemarin, kuota tersebut telah penuh. Nanti yang telah terveirifikasi dalam pendaftaran akan mendapatkan ID card yang nantinya dipakai untuk kartu jamaah salat Idul Fitri 1442 H. Bagi para jamaah yang tidak memiliki ID Card, kami sampaikan permohonan maaf dikarenakan masih belum bisa mengikuti Sholat Idul Fitri 1442 H di Masjid Al Akbar Surabaya,” kata Helmy pada Surya, Rabu (5/5/2021). 

Kuota salat Idul Fitri di Masjid Al Akbar tersebut dibagi kuota 3001 jamaah untuk laki-laki, dan juga 2999 orang jamaah perempuan. Seluruhnya kini telah terpenuhi dari pendaftaran online.

Bagi yang telah mendaftar dan terverifikasi, ID card diambil dengan syarat menunjukan Fotokopi KTP/KSK dan mematuhi Protokol Kesehatan seperti mengenakan masker, physical distancing dan lainnya. 

Jika ID Card tidak diambil sesuai dengan waktu yang telah ditentukan maka akan dinyatakan gugur atau dianggap mengundurkan diri. 

Meski telah memastikan akan menggelar salat Idul Fitri, pihaknya mengimbau bagi para jamaah untuk tidak mengikuti Sholat Idul Fitri di Masjid Al Akbar bagi anak-anak dan warga lanjut usia yang rentan tertular penyakit serta orang dengan sakit bawaan yang beresiko tinggi terhadap Covid-19.

Masjid Al Akbar sendiri telah berpengalaman dalam menggelar salat jamaah di masjid selama masa pandemi.

Protokol kesehatan diterapkan ketat seperti dalam penyelenggaraan jamaah salat jumat dan tarawih di masa pandemi.

Jamaah Perempuan masuk ke dalam area masjid melalui Pintu Utara sedangkan Jamaah Laki-laki nantinya masuk melalui Pintu Selatan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved