Penyekatan di Surabaya

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Sepi Penumpang, Layanan hanya Tujuan Perjalanan Katagori Khusus

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya terpantau sepi penumpang pada hari pertama pemberlakuan larangan mudik Lebaran 2021.

TRIBUNMADURA.COM/LUHUR PAMBUDI
penumpang kapal yang baru tiba menjalani proses pemeriksaan di dalam Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Kamis (6/5/2021). 

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA -  Hari pertama pemberlakuan larangan mudik Lebaran 2021, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya terpantau sepi penumpang, Kamis (6/5/2021).

Pantauan TribunJatim.com ( grup TribunMadura.com ) di Terminal Gapura Surya Nusantara, suasana yang tampak terbilang kondusif yang cenderung sepi.

Belasan petugas gabungan dari instansi Syahbandar Pelabuhan Tanjung Perak, kepolisian, dan anggota Pramuka bersiaga di Posko Terpadu Terminal Gapura Surya Nusantara.

Di bagian depan pintu masuk ruang tunggu terminal, terdapat layanan protokol kesehatan screening kesehatan antisipasi Covid-19; G-Nose tetap dibuka.

Meski tidak tampak satu orang pun calon penumpang yang datang untuk menggunakan layanan prokes tersebut, para petugas tetap bersiaga.

Baca juga: Sehari Jelang Penyekatan Larangan Mudik 2021, Ada 20.150 Kendaraan Keluar Exit Tol Pandaan-Malang

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Nanang Efendi mengatakan, layanan pelabuhan untuk perjalanan laut masih tetap dibuka seperti sediakala.

Namun, layanan hanya diperuntukkan kepada calon penumpang dengan tujuan perjalanan kategori khusus. Seperti Aparatur Sipil Negera (ASN), lalu anggota Polri atau TNI, yang sedang menjalankan instruksi kedinasan, yang dibuktikan keabsahannya dengan seberkas surat.

"Ada juga masyarakat dengan tujuan mungkin ada keluarga meninggal, atau sakit, itu tetap diperbolehkan," katanya saat ditemui TribunJatim.com grup TribunMadura.com ) di Terminal Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Kamis (6/5/2021).

Tidak semua kegiatan perjalanan kapal di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dihentikan. Khusus kapal pengangkut logistik masih tetap diperbolehkan beroperasi sesuai jadwal.

Hari ini, ungkap Nanang, terdapat lima kapal yang dijadwalkan berangkat menuju pelabuhan di Banjarmasin.

Baca juga: Penyekatan Larangan Mudik di Jembatan Suramadu, Mobil Elf Menuju Pamekasan Diarahkan Putar Balik

Hampir semuanya merupakan pengangkut logistik, di antaranya KM Niki Sae berisi 19 truk muatan logistik, KM Niki Nila Utama berisi 24 truk, dan Pelni Leuser.

"Sama sekali tidak mengangkut penumpang," tuturnya.

Nanang mengatakan, beberapa hari sebelum larangan perjalanan mudik mulai diberlakukan 12 hari, mulai tanggal 6-17 Mei 2021 mendatang terdapat mobilitas penumpang pengguna kapal laut.

Sejak tanggal 8 April 2021 hingga 5 Mei 2021 kemarin, tercatat ada 10.500 orang penumpang yang tiba ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved