Breaking News:

Penyekatan di Surabaya

Stasiun Gubeng Alami Penurunan Jumlah Penumpang, hanya Layani 135 Orang Hari Pertama Larangan Mudik

Terjadi penurunan jumlah penumpang kereta api di Stasiun Gubeng Surabaya sangat drastis pada hari pertama larangan mudik Lebaran 2021.

Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
TRIBUNMADURA.COM/FIKRI FIRMANSYAH
Suasana Stasiun Gubeng Surabaya, Kamis (6/5/2021) malam. 

Reporter: Fikri Firmansyah | Editor: Ayu Mufidah KS

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Suasana sepi terlihat jelas di Stasiun Gubeng Surabaya pada hari pertama larangan mudik Lebaran 2021, Kamis (6/5/2021) malam.

Penurunan jumlah penumpang kereta api di Stasiun Gubeng Surabaya sangat drastis dibanding sehari sebelumnya.

"Kemarin kita telah melayani keberangkatan penumpang sebanyak 2.500 orang, sedangkan sekarang hanya 135 orang saja," kata Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif.

"Dari data itu artinya trafik penumpang untuk keberangkatan di Stasiun Gubeng hari ini turun 94.6 persen jika dibandingkan kemarin," sambungnya.

Luqman Arif mengatakan, penurunan jumlah penumpang untuk keberangkatan ini adalah hal yang wajar.

Baca juga: Lima Kereta Api Beroperasi di Wilayah PT KAI Daop 9 Jember selama Masa Larangan Mudik Lebaran 2021

Pasalnya, pihaknya kini (selama musim larangan mudik) telah menyesuaikan operasional kereta api sesuai anjuran pemerintah.

"Di mana pada masa waktu larangan mudik, yakni periode 6 hingga 17 Mei 2021, kami tetap mengoperasikan Kereta Api Jarak Jauh, namun hanya bagi pelaku perjalanan mendesak untuk kepentingan non mudik," terang mantan Manager Humas di PT KAI Daop 3 Cirebon itu.

Aturan itu, kata dia, sesuai dengan mengacu pada Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 dan Surat Direktur Jenderal Perkeretaapian Nomor HK.701/1/10/DJKA/2021 pada 30 April 2021.

"Jadi kesimpulannya, KAI menjalankan Kereta Api Jarak Jauh pada periode tersebut bukan untuk melayani masyarakat yang ingin mudik Lebaran," tutur dia.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved