Breaking News:

Berita Sumenep

BP2D Tuding Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Sumenep “Kacau”, Ketua Fraksi PDIP: Ketua BP2D Offside

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumenep angkat bicara tanggapi pernyataan negatif yang dilontarkan Ketua BP2D soal rancangan awal RPJMD 2021-2026.

istimewa
Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Sumenep, H. Zainal. 

Reporter: Ali Hafidz Syahbana| Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kabupaten Sumenep, H. Zainal angkat bicara tanggapi pernyataan negatif yang dilontarkan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP2D) M. Syukri atas rancangan awal RPJMD Tahun 2021-2026.

Menurut H. Zainal, ketua BP2D tidak berwenang melakukan evaluasi terhadap Rancangan Awal (Ranwal) RPJMD. Kewenangan evaluasi ada di pihak Gubernur Jawa Timur.

"BP2D tak berwenang melakukan evaluasi. Ketua BP2D itu offside. Tak paham mekanisme evaluasi ranwal RPJMD. Yang berwenang Gubernur sesuai Permendagri 86 Tahun 2017," kata H.Zainal pada hari Minggu, (9/5/2021).

Politisi PDI Perjuangan ini menjelaskan kewenangan untuk melakukan harmonisasi sebuah rancangan perda dengan aturan diatasnya secara khirarkis hanya dapat dilaksanakan oleh BP2D terhadap rancangan perda usul prakarsa DPRD.

"Coba cek ketentuan Pasal 57 huruf d Peraturan Tata Tertib DPRD No.1 Tahun 2020. Harmonisasi oleh BP2D hanya dapat dilaksanakan terhadap Raperda Usul Prakarsa DPRD. Sementara Ranwal RPJMD ini dari pihak eksekutif. Jadi BP2D ini overlapping," tegasnya.

Dari itulah Ketua Fraksi PDI Perjuangan ini menyesalkan keputusan Badan Musyawarah menunjuk BP2D sebagai organ pembahas rancangan awal RPJMD Tahun 2021-2026.

"Menurut saya pembahasan Ranwal RPJMD itu idealnya dilaksanakan Pansus. Sebab kalau BP2D itu sudah bukan kewenangannya. Saya pikir ini otokritik agar pernyataan-pernyataan di DPRD ini bisa lebih terukur, tidak hanya asal kritik. Harus tahu dulu dasar argumentasinya,"  tegas H.Zainal.

Simak artikel lain terkait Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur

FOLLOW US:

Penulis: Ali Hafidz Syahbana
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved