Breaking News:

Idul Fitri 2021

Terapkan Prokes Ketat, Masjid Al Akbar Surabaya Gelar Salat Id, Khofifah: Tak Mengurangi Kekhusyukan

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menilai pelaksanaan Salat Idul Fitri1442 H di Masjid Al Akbar Surabaya telah sesuai ketentuan.

TRIBUNMADURA.COM/YUSRON NAUFAL PUTRA
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat ditemui seusai Salat Idul Fitri di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, Kamis (13/5/2021). 

Reporter: Yusron Naufal Putra I Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menilai pelaksanaan Salat Idul Fitri1442 H di Masjid Al Akbar Surabaya telah sesuai ketentuan.

Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi lantaran protokol kesehatan telah berjalan dengan ketat.

"Artinya upaya untuk bisa menjalankan salat id dengan khusyuk dan khidmat dalam waktu yang sesingkat-singkatnya tanpa mengurangi kekhusyukan dan kekhidmatan, Insyallah sudah dapat dilaksanakan di Masjid Nasional Al-Akbar," kata Khofifah Indar Parawansa seusai mengikuti Salat Idul Fitri berjamaah, Kamis (13/5/2021).

Hal itu lantaran Khofifah Indar Parawansa mengamati rangkaian pelaksanaan, mulai persiapan hingga kedatangan jamaah di Masjid Al Akbar Surabaya.

Baca juga: Salat Idul Fitri di Masjid Agung Jami, Jemaah Padati Jalan Merdeka Utara hingga Alun-Alun Malang

Sebelumnya diprediksi, seluruh rangkaian pelaksanaan salat id akan berjalan selama 30 menit. Namun, ternyata semua rampung tidak sampai setengah jam.

Yang juga menjadi perhatian Khofifah, yaitu terkait kepulangan jamaah. Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu sebelumnya berpesan agar hal itu dapat diatur sedemikian rupa.

Khofifah bersyukur lantaran pada pelaksanaannya, hal tersebut juga berjalan lancar tanpa harus berkerumun. Sebab, petugas memandu keluarnya jamaah dengan berbasis urutan shaf.

Selain itu, kerumunan tak terjadi lantaran pihak panitia menyediakan kantong plastik untuk wadah alas kaki masing-masing.

"Harapan kita, ini akan menjadi referensi berikutnya. Karena salat Jumat potensial jamaah dalam jumlah yang besar. Dan besok umat Islam tentu akan melaksanakan salat Jumat di masjid-masjid. Ini akan menjadi referensi protokol kesehatan terus bisa dijaga," ungkap Khofifah.

Halaman
12
Penulis: Yusron Naufal Putra
Editor: Elma Gloria Stevani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved