Breaking News:

Idul Fitri 2021

Puasa Syawal Mulai Kapan? Apakah Puasa Syawal 6 Hari Harus Dilakukan Berurutan? Ini Penjelasannya

Terdapat amalan sunnah yang bisa dilakukan seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW, yakni puasa selama enam hari di bulan Syawal.

Pexels.com/Naim Benjelloun
Di bulan syawal, terdapat amalan sunnah yang bisa dilakukan seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW, yakni puasa selama enam hari di bulan Syawal. 

Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM - Puasa 6 hari di bulan Syawal mungkin menjadi amalan yang tak asing lagi di telinga.

Mungkin pernah timbul pertanyaan di benak, apakah puasa 6 hari di Syawal tersebut harus dilakukan secara berurutan atau tidak.

Artikel ini akan membahas pertanyaan di atas serta keutamaan puasa 6 hari di bulan Syawal.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Barangsiapa yang melakukan puasa Ramadhan lalu diikuti puasa enam hari di bulan Syawal, maka ia mendapatkan pahala puasa satu tahun." (HR. Ahmad dan Muslim).

Di bulan syawal, terdapat amalan sunnah yang bisa dilakukan seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah Muhammad SAW, yakni puasa selama enam hari di bulan Syawal.

Banyak keutaman yang terdapat dalam puasa Syawal ini, diantaranya puasa Syawal akan menggenapkan ganjaran berpuasa setahun penuh.

Abu Ayyub mengatakan bahwa Rasulullah bersabda: "Siapa yang berpuasa bulan Ramadhan kemudian diikutinya dengan enam hari Syawal maka ia seperti berpuasa sepajang masa." (H.R Muslim).

Lantas, apakah puasa 6 hari di bulan Syawal harus dilakukan secara berturut-turut?

Halaman
1234
Editor: Elma Gloria Stevani
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved