Breaking News:

Virus Corona di Malang

Kasus Covid-19 Perumahan Bukit Hijau dan Permata Hijau Kota Malang Berawal dari Warga Satu Keluarga

Perumahan Bukit Hijau dan Permata Hijau Kota Malang digemparkan dengan kasus puluhan warga yang positif virus corona Covid-19.

TRIBUNMADURA.COM/M RIFKY EDGAR
Suasana Perumahan Bukit Hijau dan Permata Hijau, Tlogomas, Kota Malang, Senin (17/5/2021). 

TRIBUNMADURA.COM, MALANG - Sebanyak 21 warga di Perumahan Bukit Hijau dan Permata Hijau, Kelurahan Tlogomas, Kota Malang, terkonfirmasi positif virus corona Covid-19.

Kejadian ini berlangsung pada pertengahan Ramadan 2021, ketika seorang warga yang melaporkan keluarganya ada yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Ketua RW 09 Kelurahan Tlogomas, Adam Wiryawan mengatakan, penyebaran Covid-19 di Perumahan Bukit Hijau dan Permata Hijau ini berawal dari satu keluarga yang kemudian merembet ke rumah-rumah yang lain.

Setelah dilacak, ternyata ada delapan keluarga yang semuanya merupakan jemaah Masjid Al Waqar, yang lokasinya berada di dalam perumahan.

"Pasien pertama itu awalnya saya belum yakin karena mereka tidak terbuka," kata dia, Senin (17/5/2021).

Baca juga: 21 Warga Positif Covid-19, Suasana Perumahan Bukit Hijau dan Permata Hijau Kota Malang Tampak Sepi

"Setelah itu baru keluarga yang kedua agak berdekatan sama yang ketiga. Terus berikutnya yang terjadi secara beruntun," ucapnya.

Adam mengatakan, awalnya ada empat keluarga yang terpapar Covid-19 yang tinggal di Blok C Perumahan Bukit Hijau dan satu keluarga di Perumahan Permata Hijau.

Kemudian kasus Covid-19 terus merembet hingga ada 18 warga yang dinyatakan positif virus corona dan tiga warga dari hasil swab tes antigen yang dilakukan serentak di Balai RW 09, Kelurahan Tlogomas, Senin (17/5/2021).

Suasana di Perumahan Bukit Hijau dan Permata Hijau, Tlogomas, Kota Malang, Senin (17/5/2021).
Suasana di Perumahan Bukit Hijau dan Permata Hijau, Tlogomas, Kota Malang, Senin (17/5/2021). (TRIBUNMADURA.COM/M RIFKY EDGAR)

"Yang dirawat ada sekitar 8-9 orang. Dan saat ini kami sedang melakukan pengetatan di dalam perumahan. Termasuk senam pagi seminggu sekali kita tiadakan. Paling pol kita ada kerja bakti di jalur kembar itu saja kan sambil berjemur," ucapnya.

Sementara itu, Lurah Tlogomas, Andi Aisyah Muhsin Alatas menyampaikan, bahwa kasus Covid-19 di Perumahan Bukit Hijau dan Permata Hijau berawal dari laporan warga pada 10 Mei 2021 lalu.

Baca juga: Klaster Covid-19 di Perumahan Kota Malang, Sudah Ada 21 Warga yang Dinyatakan Positif Virus Corona

Setelah itu pihaknya langsung melakukan pelacakan kepada warga yang tinggal di perumahan tersebut dengan dibantu oleh petugas dari Puskesmas Dinoyo, Kota Malang.

"Mungkin mereka (warga) sudah terkena jauh-jauh hari sebelumnya tapi mereka merahasiakan. Mungkin menurut mereka cukup dengan isolasi. Setelah kami lacak dan informasi dari warga akhirnya ada 18 warga yang positif Covid-19 dan hari ini ada 3 warga yang positif," ucapnya.

Andi menyadari, bahwa saat ini warga banyak yang lalai terhadap protokol kesehatan. Oleh karenanya, dia tetap mengingat warga bahwa pandemi Covid-19 belum usai.

Atas kejadian ini, mobilitas masyarakat di Perumahan Bukit Hijau dan Permata Hijau, Tlogomas, Kota Malang sedang diperketat.

"Sekarang kita lalai dan lalai ini jangan sampai keterusan. Kalau protokol kesehatan semua ya pakai protokol kesehatan. Tapi kita tidak bisa menata, hanya mengimbau saja. Ini kembali lagi ke kesadaran masyarakat yang mulai menurun," tandasnya (Gar)

Penulis: Mohammad Rifky Edgar
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved