Breaking News:

Berita Pamekasan

Kerja Sama Pemkab Pamekasan dan Unair, Berikan Beasiswa Bagi Calon Mahasiswa Jurusan Kedokteran

Pemkab memberikan beasiswa untuk mahasiswa Universitas Airlangga ( Unair ) asal Pamekasan yang memiliki kemampuan akademik, namun ekonominya terbatas.

ISTIMEWA
Kampus Universitas Airlangga 

Reporter: Kuswanto Ferdian | Editor: Ayu Mufidah KS

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Pemkab Pamekasan menjalin kerja sama dengan Universitas Airlangga ( Unair ) Surabaya terkait pemberian beasiswa bagi warga tidak mampu pada jurusan kedokteran.

Kerja sama tersebut dibuktikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Pamekasan yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Akhmad Zaini dan Unair Surabaya, pada Selasa (11/5/2021) lalu.

Kepala Disdikbud Pamekasan, Akhmad Zaini menjelaskan, kerja sama Pemkab dengan universitas ternama itu di jalur mandiri kemitraan jurusan kedokteran.

Kata dia, beasiswa tersebut akan diberikan khusus kaum muda Pamekasan yang memiliki kemampuan akademik, namun ekonominya terbatas.

"Tanpa MoU itu, kita tidak bisa memberikan rekomendasi untuk jalur mandiri kemitraan itu," kata Akhmad Zaini kepada TribunMadura.com, Senin (17/5/2021).

Baca juga: Mahasiswa Berprestasi dan Difabel di Pamekasan Dapat Program Beasiswa dari Dana Hibah CSR BRI

Mantan Kabag Kesra Pemkab Pamekasan itu juga menerangkan, salah satu poin yang tertulis dalam teks MoU tersebut menerangkan bahwa Pemkab Pamekasan melakukan kerja sama di bidang tri dharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Menurutnya, Unair sangat mengapresiasi MoU yang dilakukan Pemkab Pamekasan lantaran dianggap memiliki kepedulian tinggi terhadap investasi sumber daya manusia (SDM) masa depan.

Pemberian beasiswa ini merupakan realisasi dari salah satu program prioritas Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam di bidang pendidikan dengan menfasilitasi masyarakat tidak mampu untuk kuliah di jurusan kedokteran.

Targetnya, bisa lahir dokter dari Pamekasan yang berkualitas dari kalangan orang tidak mampu yang nantinya bisa bermanfaat untuk masyarakat.

"Kita tunggu saja, insyaallah tahun ini ada yang berminat ikut beasiswa yang difasilitasi Pemkab Pamekasan ini," jelasnya.

"Kita ingin membantu masyarakat yang memiliki kemampuan akademik, tetapi terbatas kemampuan ekonominya untuk kuliah di kedokteran karena mahal," pungkasnya.

Baca juga: Pemkab Pamekasan Tambah Kuota Pemberian Beasiswa Santri, Tahun 2021 Ditarget 8.502 Orang Penerima

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved