Breaking News:

Berita Bangkalan

Topa Ladeh, Kuliner Khas Madura Disajikan Tiap Lebaran Ketupat, Makin Nikmat Ditambah Jeruk Nipis

Makanan Topa Ladeh menjadi hidangan khas warga Madura saat perayaan Lebaran Ketupat.

Penulis: Ahmad Faisol | Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
TRIBUNMADURA.COM/AHMAD FAISOL
Topa Ladeh, Kuliner khas Madura yang disajikan setiap Perayaan Lebaran Ketupat, Kamis (20/5/2021)  

TRIBUNMADURA.COM, BANGKALAN – Perayaan Lebaran Ketupat atau Kupatan di Kabupaten Bangkalan Madura yang diperingati sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri selalu identik dengan suguhan makanan Topa Ladeh.

Kuliner khas Madura itu menjadi menu utama yang selalu dirindukan setiap Lebaran Ketupat, karena tidak mudah dijumpai seperti halnya soto, sate, ataupun rujak khas Madura.

Topa Ladeh biasa disajikan dengan tambahan seutas potongan kacang panjang mengguhah selera makan.

“Momen seperti ini selalu dirindukan, menyantap Topa’ Ladeh bersama keluarga hanya bisa dirasakan setahun sekali saat Lebaran Ketupat,” ungkap Innatus Solihatin (22), warga Desa Jaddih, Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan, Kamis (20/5/2021) 

Dengan tambahan sedikit perasan jeruk nipis, kaldu daging sapi Topa’ Ladeh yang direbus selama 2-3 jam dengan perasan santan dan rempah-rempah Madura menghadirkan rasa unik di lidah. Apalagi disajikan di saat hangat.

Baca juga: Jelang Lebaran Ketupat, Sejumlah Jalan Raya dan Tempat Wisata di Pamekasan Dihujani Disinfektan 

“Racikan bumbu dan perasan kelapa meresap terasa di setiap legit irisan daging, potongan usus dan babat sapi. Topa’ Ladeh tidak mudah dijumpai seperti halnya soto dan sate,” pungkasnya.

Topa’ Ladeh juga mejadi menu utama yang disuguhkan di sejumlah kantor Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Bangkalan.

Seperti yang tersaji di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan yang menggelar rapat Persiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pendemi.

Suguhan serupa disajikan di Kantor Satpol PP Kabupaten Bangkalan yang sengaja menghadirkan Topa´Ladeh untuk menu sarapan pagi para personel Satpol PP dan petugas pemadam kebakaran setelah merayakan Idul Fitri.

“Saya sengaja tidak sarapan di rumah dan langsung ngantor, karena malam sebelumnya teman-teman kantor mengabarkan bahwa Topa’ Ladeh tetap disajikan di kantor seperti tahun-tahun sebelumnya saat Lebaran Ketupat,” ungkap petugas pemadam kebakaran yang akrab disapa Iponb kepada Surya. (edo/ahmad faisol)

Baca juga: Menilik Tradisi Lebaran Ketupat Warga Madura, Ada Makna di Balik Proses Pembuatan Cangkang Ketupat

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved