Breaking News:

Berita Pamekasan

Tim Monitoring Kecamatan Kadur Lakukan Evaluasi Penggunaan ADD dan DD di Bungbaruh Pamekasan

Camat Kadur, Fathorrachman mengatakan, tujuan monitoring dan evaluasi yang rutin dilakukan ini, untuk memantau penggunaan ADD dan DD

TRIBUNMADURA.COM/KUSWANTO FERDIAN
Tim Monitoring Kecamatan Kadur melakukan monitoring dan evaluasi penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun Anggaran 2021 di Desa Bungbaruh, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Madura, Kamis (3/6/2021). 

Reporter: Kuswanto Ferdian | Editor: Aqwamit Torik

TRIBUNMADURA.COM, PAMEKASAN - Tim monitoring Kecamatan Kadur melakukan monitoring dan evaluasi penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun Anggaran 2021 di Desa Bungbaruh, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Madura, Kamis (3/6/2021).

Pantauan di lokasi, Camat Kadur, Fathorrachman turun langsung melakukan monitoring.

Ia didampingi Ps. Kanit Binmas Polsek Kadur, Aipda Hairul Rahman dan Babinsa anggota Posramil 0826/12 Kadur, Serda Supriyadi.

Camat Kadur, Fathorrachman mengatakan, tujuan monitoring dan evaluasi yang rutin dilakukan ini, untuk memantau penggunaan ADD dan DD serta perkembangan pelaksanaan kegiatan fisik.

Selain itu, pelaporan penggunaan DD yang sangat besar bagi setiap desa di wilayah Kecamatan Kadur juga dilakukan pengecekan.

Menurutnya, penggunaan ADD dan DD ini harus dikelola secara baik dan dapat dipertanggungjawabkan secara benar.

“Besarnya tanggung jawab pengelolaan keuangan Desa tersebut harus diikuti dengan peningkatan kapasitas atau kemampuan para Kepala Desa atau Perangkat Desa tentang pengelolaan keuangan,” kata Fathorrachman kepada TribunMadura.com.

Camat yang akrab disapa Fathor ini juga menjelaskan, ada dua kegiatan yang mutlak perlu dilakukan dalam mendukung kelancaran pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Di antaranya, melaksanakan kegiatan sesuai dengan rencana anggaran masing-masing Desa yang telah dituangkan dalam anggaran pendapatan dan belanja desa, serta mempertanggungjawabkan keuangan yang telah diserap sesuai dengan kegiatan agar tidak terjadi penyimpanan pengelolaan keuangan Desa.

Sementara itu, Ps. Kanit Binmas Polsek Kadur, Aipda Hairul Rahman menyampaikan, kegiatan monitoring yang ada di wilayah Kecamatan Kadur ini merupakan implementasi dari kerjasama antara Kapolri dan kementrian terkait dalam hal pendampingan dan pengawasan dari pengelolaan DD dan ADD yang dilakukan dari awal perencanaan dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya penyimpangan dalam penggunaannya.

Harapannya, agar sejumlah desa di wilayah Kadur bisa membangun sesuai kebutuhan yang menjadi skala prioritas, dan membenahi hal-hal yang dirasa masih kurang.

“Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi panduan bagi aparat pemerintah desa dan semua pihak terkait dengan perencanaan desa, untuk memastikan bahwa dokumen perencanaan yang dihasilkan oleh desa dilakukan sesuai alur dan mekanisme yang ada,” katanya.

Terpisah, Kepala Desa Bungbaruh, Ach. Fausi mengaku menyambut baik adanya kegiatan monitoring dan evaluasi dari pihak Kecamatan Kadur ini yang tujuannya untuk memberikan bimbingan arahan dan petunjuk dalam penggunaan Dana Desa tersebut.

Penulis: Kuswanto Ferdian
Editor: Aqwamit Torik
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved