Breaking News:

Manfaat Kesehatan

Manfaat Berendam Air Panas untuk Kesehatan dan Kecantikan, Simak Juga Cara Membuat Ramuan di Rumah

Berendam air panas juga dipercaya mampu mengobati rheumatik, mengatasi lemah otot, meringankan kelainan tulang belakang dan menyegarkan tubuh.

Editor: Elma Gloria Stevani
SHUTTERSTOCK/nitis.s
Ilustrasi berendam air panas 

Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM - Sauna dan berendam air panas merupakan salah satu cara pengobatan tradisional yang dulu dibawa pedagang Timur Tengah yang datang ke Indonesia.

Berendam air panas yang alami dilakukan di daerah pegunungan di Indonesia mengandung belerang dan bermanfaat bagi penyembuhan berbagai macam penyakit.

Adapun manfaat berendam alami yang langsung di kawasan pegunungan adalah melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh, mengobati penyakit kulit seperti panu, kadas dan kurap.

Berendam air panas juga dipercaya mampu mengobati rheumatik, mengatasi lemah otot, meringankan kelainan tulang belakang dan menyegarkan tubuh yang kelelahan.

Selain berendam air panas alami, anda juga dapat berendam di air panas buatan dengan membuat sendiri dirumah atau spa dengan berbagai perawatan yang bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

Para peneliti dari Universitas Loughborough berpendapat, mandi berendam di air panas bisa memberikan manfaat bagi tubuh sama seperti ketika berolahraga.

Dr Steve Faulkner dan tim penelitinya merekrut 14 orang dewasa untuk berendam di air panas dengan suhu 40 derajat Celcius dan bersepeda selama 60 menit.

Dua tes itu didesain untuk meningkatkan suhu tubuh sebanyak satu derajat celcius, sehingga para peneliti bisa mengukur berapa banyak kalori yang dibakar pada setiap sesi.

Bersepeda memang membakar lebih banyak kalori, namun berendam air panas dinilai sama efektifnya dengan jalan kaki selama 30 menit.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved