Breaking News:

Virus Corona di Malang

Dusun di Sumbermanjing Wetan Malang Dikarantina, 7 Warga Positif Covid-19 Setelah Hadiri Hajatan

Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang dilakukan karantina wilayah setelah tujuh warga positif Covid-19.

TRIBUNMADURA.COM/ERWIN WICAKSONO
Pos karantina di Dusun Rowotrate, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Selasa (22/6/2021). 

Reporter: Erwin Wicaksono | Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM, MALANG - Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang tengah dilakukan karantina wilayah secara mikro menyusul adanya tujuh warga setempat terpapar Covid-19.

Sebuah papan bertuliskan karantina wilayah dan gerbang penyekatan dipasang di pintu masuk Dusun Rowotrate.

"Tujuh orang dibatasi pergerakannya agar tetap menjalani isolasi mandiri di rumah. Biar tidak interaksi ke yang lain," ujar Kapolsek Sumbermanjing Wetan, Iptu Mashudianto ketika ditemui di pos karantina wilayah Dusun Rowotrate pada Selasa (22/6/2021).

Ketujuh orang tersebut diduga terjangkit virus corona usai menghadiri hajatan pernikahan yang dilakukan pekan lalu.

"Diduga berasal dari hajatan. Sebenarnya hajatan ini tidak diizinkan dan tidak diperbolehkan. Sehingga mencuri-curi start. Jumlah berapa orangnya (yang mengikuti hajatan) masih simpang siur," beber Mashudi.

Perihal karantina mikro, Mashudi menegaskan tindakan tersebut hanya dilakukan di Dusun Rowotrate. Karantina mikro tersebut dilakukan sejak Minggu (20/6/2021) hingga 14 hari kedepan.

"Hanya dusun, biar masyarakat interaksi di daerah dusunnya saja. Kami laksanakan seperti ini biar (Covid-19) tidak menyebar," ungkapnya.

Kendati ada karantina mikro, warga Dusun Rowotrate yang tidak terpapar Covid-19 diperbolehkan melakukan mobilitas hanya untuk kepentingan mencari nafkah.

"Boleh, masyarakat kerja seperti biasa. Tapi ketujuh orang itu (terkonfirmasi positif Covid-19) tidak boleh kemana mana tetap diawasi secara tetap," ujarnya.

Mashudi memastikan 7 orang yang terpapar Covid-19  telah mendapatkan tindakan medis.

"Diberi obat diantar oleh petugas," tutur Mashudi.

Kendati yang terpapar Covid-19 sejauh ini berjumlah 7 orang, pihak Pemerintah Desa Sitiarjo mendirikan dapur umum untuk mencukupi kebutuhan makanan warga Dusun Rowotrate.

"Ada dapur umum untuk membagikan makanan kepada semua warga Dusun Rowotrate. Semua dapat makanan. 2 kali sehari," tutup Mashudi. 

 

Simak artikel lain terkait Covid-19, Kabupaten Malang

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved