Breaking News:

Berita Sampang

Demi Pemulangan TKI, Pemkab Sampang Anggarkan hingga Ratusan Juta untuk Fasilitas Penjemputan

Pemkab Sampang menyediakan anggaran ratusan juta untuk pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Penulis: Hanggara Pratama | Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
TRIBUNMADURA.COM/HANGGARA PRATAMA
TKI asal Sampang, Madura saat dipulangkan ke kampung halamannya beberapa waktu yang lalu 

Reporter: Hanggara Pratama | Editor: Ayu Mufidah KS

TRIBUNMADURA.COM, SAMPANG - Pemkab Sampang menyediakan anggaran ratusan juta untuk pemulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari negara perantauannya.

Biaya tersebut digunakan untuk fasilitas pemulangan para TKI selama proses penjemputan dari Surabaya ke Kabupaten Sampang.

Terlebih, pemulangan para TKI tidak bisa ditentukan hingga sampai kapan batas waktunya, sehingga mulai akhir April 2021 hingga saat ini penjemputan terus dilakukan.

Pelaksana tugas (Plt) Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Pengembangan DPMPTSP dan Naker Sampang, Agus Sumarso mengatakan, anggaran biaya fasilitas pemulangan TKI sebanyak Rp 383 juta.

"Anggaran tersebut nantinya untuk sewa angkutan transportasi dan biaya lainnya selama proses perjalanan penjemputan," ujarnya, Jumat (2/7/2021).

Ia menambahkan, tercatat saat ini sudah ada sekitar 2000 lebih TKI asal Kabupaten Sampang yang dideportasi oleh negara perantuannya, dan sudah dipulangkan ke kampung halamannya masing-masing.

Menurutnya, ribuan TKI yang pulang dalam kondisi negatif Covid-19 karena sebelum dipulangkan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan secara ketat.

“Sebelum dibawa ke Sampang, TKI terlebih dahulu diperiksa kesehatannya di Asrama Haji Surabaya selama 2 hari,” terangnya.

Setelah diketahui TKI hasilnya negatif Covid-19, maka pihaknya akan melakukan penjemputan.

"Setibanya di kampung halaman para TKI menjalankan isolasi mandiri dengan penjagaan ketat dari gugus tuga kecamatan dan desa," pungkasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved