Breaking News:

Virus Corona di Surabaya

Rumah Sakit Lapangan Tembak (RSLT) Surabaya Mulai Terima Rujukan Pasien Covid-19 Melalui Puskesmas

Mekanisme pasien masuk di Rumah Sakit Lapangan Tembak Surabaya dengan rujukan puskesmas. Cara ini mempermudah petugas melakukan pelacakan kontak erat

Penulis: Bobby Koloway | Editor: Elma Gloria Stevani
TribunMadura.com/Bobby Koloway
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat meninjau RS Lapangan Tembak. 

Laporan Wartawan TribunMadura.com Network, Bobby Koloway

TRIBUNMADURA.COM, SURABAYA - Rumah Sakit Lapangan Tembak ( RSLT ) mulai beroperasi pada Kamis, (8/7/2021) siang. RS yang berada di Kelurahan Kedung Cowek, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya ini mulai menerima Pasien rujukan dari sejumlah puskesmas di Surabaya. 

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya menjelaskan RSLT akan menerima150 pasien Covid-19 di tahap awal. "Semua dari (rujukan) puskesmas," kata Kepala Dinkes Kota Surabaya, Febria Rachmanita.

Mereka yang datang di RSLT merupakan pasien dengan gejala ringan atau OTG.

"Untuk (Gejala) berat di RSUD Soewandhie. Sedangkan apabila ada yang gejala ringan di RS Soewandhi, akan dibawa ke sini (RSLT)," kata Febria Rachmanita. 

Pada gelombang pertama, pasien akan ditempatkan di gedung D RSLT atau di lantai 1 sisi sebelah selatan. Sedangkan untuk jumlah total ruangan di RSLT terdiri lima rungan.

"Ada lima ruangan, masing-masing A, B, C, D dan E. Untuk tenaga kesehatan sementara ada sekitar lebih 150an, dari rekrutmen baru," ungkap dia.

Mekanismenya, Febria menjelaskan pasien harus melalui rujukan dari puskesmas. Sehingga, tak bisa langsung datang ke RSLT tanpa rujukan.

Ini akan mempermudah petugas melakukan tracing atau pelacakan kontak erat. "Yang membawa ke sini Puskesmas. Jadi kalau warga langsung datang pakai ambulance ke sini tidak bisa," jelasnya.

Pasien Covid-19 yang akan menjalani perawatan di RSLT juga harus membawa beberapa dokumen. Yakni, membawa KTP, KK serta hasil PCR positif baik dari puskesmas ataupun laboratorium lain. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved