Breaking News:

Berita Malang

Pekan ini, 2.500 PKL yang Terdampak PPKM Darurat di Kota Malang Bakal Terima Bantuan Sosial

2.500 PKL yang terdampak PPKM Darurat di Kota Malang bakal mendapat bantuan sosial (bansos)

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Ayu Mufidah Kartika Sari
Dok Humas Pemkot Malang
Wali Kota Malang, Sutiaji berbincang dengan salah satu PKL saat kegiatan patroli keliling Kota Malang, Rabu (7/7/2021) malam 

TRIBUNMADURA.COM, MALANG - Dalam pekan ini, Pemkot Malang segera menggelontorkan bantuan sosial (bansos) bagi PKL yang terdampak PPKM Darurat.

Wali Kota Malang, Sutiaji mengatakan, penyaluran bantuan sosial bagi PKL tersebut telah diverifikasi dan sudah ditandatangani.

"Tinggal tunggu timing saja. Kita perlu (memberikan bansos), karena kita ini membatasi mobilitasnya. Tapi jangan sampai bansos muncul kerumunan, bersamaan dengan vaksinasi massal," ujarnya kepada TribunJatim.com ( grup TribunMadura.com ), Jumat (9/7/2021).

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kota Malang, Penny Indriani menjelaskan, pemberian bansos yang rencananya disalurkan kepada 2.500 PKL di Kota Malang bakal disalurkan mulai Sabtu (10/7/2021) mendatang.

"Persiapan sudah 90 persen. Pembagian dimulai Sabtu besok, dan prosedurnya seperti biasa dengan Bank Jatim," terangnya.

Guna mengantisipasi terjadinya kerumunan saat penyaluran Bansos, saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi secepatnya dengan Kecamatan, Kelurahan dan Bank Jatim. Untuk menempatkan penyaluran bansos tersebut, di 26 titik yang telah direncanakan.

"Ada 26 titik, tapi masih belum fix. Ada beberapa, ternyata bersamaan dengan pelaksanaan vaksinasi. Ini tujuannya untuk menghindari antrian," jelasnya.

Dirinya menerangkan, untuk pemberitahuan informasi kepada para PKL yang telah di data tersebut, akan diumumkan melalui Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) di wilayah masing-masing.

"Yang jelas mengetahui RT/RW untuk PKL-PKL terdampak Covid 19 itu," tambahnya.

Perlu diketahui, rencana penyaluran bansos yang diperuntukan bagi para PKL terdampak PPKM Darurat, sebesar Rp 300 ribu bagi masing-masing PKL.

Dana bansos tersebut didapatkan dari anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) Pemkot Malang.

"Saat ini PKL akan kita dahulukan. Ini karena PPKM Darurat sampai tanggal 20 Juli nanti. Untuk total anggaran, kita pakai Rp 750 juta," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved