Breaking News:

Daun Sambiloto

Daun Sambiloto Manjur Turunkan Gula Darah dan Berkhasiat Sebagai Anti Kanker, Begini Cara Meraciknya

Dikenal dengan rasanya yang pahit, daun sambiloto ternyata manjur untuk menurunkan gula darah dan berkhasiat sebagai anti kanker.

Editor: Elma Gloria Stevani
Kolase TribunMadura.com (Sumber: Kompas.com dan Tokopedia)
Daun, batang, bunga, dan akar sambiloto bisa dimanfaatkan sebagai anti kanker, anti bakteri, anti virus, anti alergi, dan anti mikroba. 

Editor: Elma Gloria Stevani

TRIBUNMADURA.COM - Dikenal dengan rasanya yang pahit, daun sambiloto ternyata manjur untuk menurunkan gula darah dan berkhasiat sebagai anti kanker.

Daun sambiloto sudah dikenal di Indonesia, yang digunakan sebagai pengobatan tradisional.

Salah satunya untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Alasan mengapa sambiloto manjur untuk menurunkan gula darah dan berkhasiat sebagai anti kanker adalah karena kandungannya yang dimiliki. Apa saja kandungan tersebut?

Menurut Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan IPB Umi Cahyaningsih, salah satu khasiat dari tumbuhan sambiloto, yakni menurunkan tekanan darah dan gula darah.

Lalu, daun, batang, bunga, dan akarnya juga bisa dimanfaatkan sebagai anti kanker, anti bakteri, anti virus, anti alergi, dan anti mikroba.

"Terutama untuk saluran pernafasan mencegah flu," kata dia melansir laman Instagram IPB @ipbofficial, Rabu (24/3/2021). Selain itu, tumbuhan sambiloto juga bermanfaat sebagai obat sinusitis. Untuk mengobati sinusitis, dia menyarankan, agar minum rebusan daun sambiloto.

Tetapi jumlahnya tidak boleh terlalu banyak.

"Cukup gunakan 5-10 gram atau 5-10 lembar daun saja direbus, untuk menyembuhkan sinusitis," ungkap dia.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved